Ada yang Berwarna Ungu, Ini Varian Jagung Khas Peru

macam-macam jagung Peru
Sumber :
  • Amigo Foods

VIVA Kuliner – Bisa dibilang jagung merupakan makanan yang cukup populer di belahan dunia. Selain bisa dikonsumsi langsung, jagung juga bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan. 

Jokowi Klaim Impor Jagung Turun dari 3,5 Juta Ton Jadi 450 Ribu Ton

Bahkan menurut situs Amigo Foods, penelitian menunjukkan bahwa jagung termasuk biji-bijian yang paling dibutuhkan di dunia. 

Selama ini jagung dikenal berwarna kuning dengan tekstur lembut. Namun rupanya jagung di negara Peru hadir dalam berbagai warna dan ukuran. Bahkan Peru memiliki 55 varietas jagung.

Menakjubkan, Ini 7 Keajaiban Dunia Baru yang Harus Kamu Tahu

Sejarah jagung di Peru

macam-macam jagung Peru

Photo :
  • Amigo Foods
Habis Lebaran Kolesterol Meningkat? Pangkas dengan 6 Sayuran Ini

Jagung di Peru mempunyai sejarah yang panjang lantaran telah ditanam setidaknya sejak 12000 sebelum Masehi. Petani kuno di Peru berhasil mengembangkan berbagai tipe jagung melalui pendekatan canggih untuk memilih dan menciptakan varietas baru pada zaman itu.

Varietas ini mampu beradaptasi dengan berbagai iklim dan medan sehingga hingga saat ini banyak varietas jagung Peru yang bisa dinikmati.

Varian jagung khas Peru

Jagung Peru dianggap oleh beberapa ahli sebagai jenis makanan super. Hal tersebut disebabkan jagung murah untuk diproduksi dalam jumlah besar namun tetap baik untuk kesehatan. Tanaman biji-bijian ini kaya akan serat dan nutrisi. Dilansir VIVA dari Amigo Foods, berikut beberapa variasi jagung dari Peru.

  • Choclo

Choclo

Photo :
  • Amigo Foods

Dikenal juga sebagai jagung Cusco, jagung ini dapat ditanam di seluruh negara Peru dan dibudidayakan di daerah kotamadya Cusco. 

Jagung Choclo berwarna putih dengan biji jagung berukuran besar. Rasanya tidak semanis jagung pada umumnya. Selain itu, kernel jagung Choclo lebih bertepung dan kenyal dibanding jagung biasa.

  • Chullpi

Chullpi diperkirakan berasal dari bagian selatan dan tengah Pegunungan Andes kemudian dibawa ke pantai Peru. Namun varietas ini tak bertahan lama di pantai. 

Jenis jagung ini disebut-sebut sebagai nenek moyang dari popcorn yang sebelumnya dipegang oleh varietas confite chavinense, sekarang sudah punah.

Tekstur Chullpi relatif lembut dengan rasa yang manis. Biasanya Chullpi disajikan sebagai camilan panggang yang bernama Chanca.

  • Maiz Morado

Maiz Morado

Photo :
  • Amigo Foods

Morado terkenal dengan bongkahannya yang berwarna ungu dan kerap tumbuh di sepanjang pantai Peru. Jagung ini sering diolah sebagai bahan utama Chica Morada, minuman tanpa fermentasi.

Minuman tersebut beraroma buah, lembut, dan berwarna keunguan. Cara membuatnya yaitu dengan merebus jagung bersama cengkeh, kulit nanas, dan kayu manis. 

Hidangan olahan Jagung Peru

  • Pepián de Choclo

Sup ini merupakan kombinasi antara biji jagung parut, cabai, bawang putih, dan bawang merah. 

  • Solterito

Solterito adalah sejenis salad yang disajikan secara dingin dan terbuat dari jagung dengan bawang bombay, kacang-kacangan, serta saus keju.

  • Sanguito

Gorengan dari tepung jagung, gula tebu, lemak babi, dan berbagai perasa seperti kayu manis, vanila, serta cengkeh.

  • Mazamorra morada

Mazamorra Morada

Photo :
  • Amigo Foods

Kudapan ini adalah salah satu makanan penutup paling populer di Peru. Mazamorra morada merupakan campuran dari jagung Morado dan tepung ubi jalar atau tepung jagung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya