Trik Sajikan Mi Goreng dan Mi Godog Tanpa Gula Darah Naik dalam Tubuh

Mi godog
Sumber :
  • IG @kedaitjikini

VIVA Kuliner – Siapa yang tak tergoda dengan gurihnya mi goreng tek-tek atau gurihnya kuah mi godog Jogja? Mengonsumsi mi goreng tek-tek atau mi godog Jogja menjadi salah satu alternatif makan malam yang mengenyangkan nan memanjakan lidah.

5 Makanan Terburuk yang Bikin Gula Darah Melonjak Drastis, Penderita Diabetes Waspada!

Namun, ada baiknya membuat mi goreng tek-tek dan mi godog Jogja sendiri di rumah. Yuk scroll artikel selegkapnya berikut ini.

Membuat mi goreng tek tek dan mi Godog Jogja di rumah sendiri jauh lebih sehat lantaran kita tau takaran yang pas untuk kebutuhan tubuh kita sendiri. Terlebih penggunaan minyak goreng untuk mengolah mi tersebut.

Olahraga Ini Secara Teratur Bisa Kendalikan Diabetes, Turunkan Berat Badan Hingga Kolesterol

Spesialis Gizi Klinik, dr. Putri Sakti, MGizi, SpGK, AIFOK dalam program Hidup Sehat tvOne mengungkap bahwa untuk minyak disarankan hanya 1,5 sdt untuk menumis bumbu-bumbu tersebut.

"Kita gunakan minyak jangan dituang tapi dioles 11/2 sdt setara dengan 50 kalori. minyak digunakan tumis bumbu," kata dia, Selasa 27 September 2022.

5 Makanan Berserat Tinggi untuk Turunkan Berat Badan, Selain Sehat Bisa Langsing Alami

Tidak hanya itu saja, penggunaan rempah-rempah yang tepat juga membuat cita rasa dari mi tersebut jauh lebih enak.

"Katanya biar enak pakai minyak yang banyak, padahal kalau mainkan di rempah-rempah bumbunya dengan bijak akan tetap enak," kata Putri.

Lantas seperti apa olahan Mi goreng tek-tek dan mi godog Jogja? Berikut ini resepnya dari dr. Putri Sakti, M.Gizi, SpGK, AIFOK.

Untuk mi goreng siapkan 4 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, 2 butir kemiri, kecombrang, teri medan, dan kubis.

Lalu kemudian panaskan 1,5 sdt minyak di atas wajan tunggu hingga panas lalu masukkan bawang merah, bawang putih, kemiri tumis hingga harum.

Setelah itu, masukkan kecombrang, teri medan, lalu kubis setelah itu baru masukkan 100 gram mi. Lalu sajikan.

"Kecombrang sendiri tinggi serat tinggi antioksidan, vitamin A, C, dan D yang tinggi baik untuk kesehatan kita untuk membantu menurunkan indeks glikemik mi yang sedang. Kita juga tidak perlu menambahkan garam lagi, karena sudah ada teri medan yang mengandung yodium alami," ungkap Putri.

Sementara itu, untuk mi godog Jogja yang dibutuhkan antara lain 100 gram mi, 100 gram ayam kukus, 50 gram sawi, 2 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, lada secukupnya, kaldu jamur secukupnya, kemiri, dan kocokan telur.

Langkah pertama tuang kaldu ayam lalu tumis bersama bawang merah, bawang putih, kemiri dan kocokan telur. Setelah itu masukkan 100 gram mi, dan tambahkan kaldu jamur, daun bawang, seledri, dan ayam kukus. Masak hingga matang.

"Yang perlu diperhatikan kalau dimasak terlalu lama sampai airnya habis kalori mi ini akan bertambah. Alhasil menaikkan indeks glikemik. Secara kalori tadi mi goreng kecombrang 400 kalori kalau mi godog ini 350 kalori," ungkap Putri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya