Menikmati Dim Sum dengan Rasa Otentik, Ternyata Asalnya dari Hong Kong

Ilustrasi dim sum/xiao long bao
Sumber :
  • Pixabay/Van_Kenobi

VIVA Kuliner - Akhir pekan memang waktu yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga, sambil menjajaki kuliner bersama. Ada satu hidangan kuliner yang cocok dinikmati beramai-ramai, yakni dim sum.

Terpopuler: Prediksi Putusan MK atas Sengketa Pilpres, Iran Samakan Drone Israel dengan Mainan

Terutama di kota yang kultur Tiongkok-nya cukup kental seperti Surabaya, makan dim sum sudah menjadi kebiasaan banyak orang, hingga tak mengenal hari khusus. Yuk, scroll untuk cerita lengkapnya

Four Points by Sheraton Surabaya, Pakuwon Indah menghadirkan makan dim sum sepuasnya, setiap hari Minggu. Hal ini bertepatan dengan Djaman Doeloe Resto & Bar yang baru saja berganti konsep ke Peranakan otentik, yakni campuran antara Indonesia, Melayu, Singapura dan juga China. Namun, apakah dim sum benar-benar berasal dari negara China?

Pindah ke IKN, Erick Tawarkan 13 Aset BUMN di Monas ke Pengusaha Hong Kong 

Menilik sedikit sejarah dari dim sum, sebetulnya makanan ini awalnya merupakan camilan atau kudapan penduduk Hong Kong yang sebagian besarnya merupakan orang-orang Kanton. Karena inilah, orang Kanton disebut sebagai pencipta dim sum. Dari situ, dim sum menjadi kudapan favorit dan menyebar dengan cepat ke daerah sekitarnya, termasuk China, dan akhirnya ke seluruh dunia. 

6 Indonesians Arrested After Stealing 25 Watches in Hong Kong

Guna memberikan pengalaman yang otentik inilah, Four Points by Sheraton Surabaya, Pakuwon Indah mendatangkan langsung chef dari Hong Kong, Chef Ah Djiek, untuk bergabung dengan Four Points Culinary Team, dengan menghadirkan deretan dim sum khas negeri Mutiara dari Timur ini. Adapun dim sum yang dihadirkan terdiri dari puluhan menu favorit dan menu kreasi unik dari Four Points Culinary Team.

"Ada dua jenis dim sum yang kami hadirkan, yaitu steam (dikukus) dan fried (digoreng). Jika menyukai tipe dim sum yang panas dan lembut, dapat mencoba steam dim sum. Ada Hakau, Bai Kut Tausi, Lo Makai, Steam Bean Curd, Custard Pau Bun, Prawn Siomay, Chicken Feet, Black Sesame Pau Bun dan masih banyak lagi," terang Chef Ah Djiek, DimSum Chef Djaman Doeloe Resto & Bar, dalam keterangannya, Minggu 2 Oktober 2022.

"Sementara jika menyukai dim sum yang lebih krispi, ada juga fried dim sum, yang terdiri dari Fried Prawn Wonton, Fried Prawn Bean Curd, Ham Sui Kok, Black Onde-onde, Guo Tie dan Xo Lobak Ko," sambungnya. 

Di Weekend All You Can Eat Dimsum Brunch ini juga ada banyak pilihan menu selain dim sum yang dapat dinikmati. Beberapa highlight menu andalan seperti Roasted Peking Duck, Chicken Canton, Wonton Soup dan Crispy Pork Belly dihidangkan secara live cooking. 

Ilustrasi Dimsum

Photo :
  • Queen Dimsum

Selain itu, masih ada sederet menu peranakan, seperti Chinese Congee, Nasi Kandar, Hongkong Fried Noodle, Fu Yung Hai, Yong Cow Fried Rice dan masih banyak lagi.

"Tujuan kami membawa Weekend Brunch dengan All You Can Eat Dimsum dan menu peranakan ini adalah memberi tempat untuk para keluarga di Surabaya untuk berkumpul lagi di akhir pekan. Merayakan acara tertentu seperti ulang tahun, atau hanya sekadar merayakan kebersamaan. Kehangatan itulah yang kami harap dapat tamu kami rasakan di Djaman Doeloe Resto & Bar ini," tutup Head Chef Lukman Santoso.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya