Tips Rawat Alat Masak Premium agar Awet, Emak-emak Wajib Tahu!

Ilustrasi peralatan masak
Sumber :
  • Pixabay/Olaf Bröker

VIVA Kuliner – Memiliki alat masak terlebih yang premium, menjadi impian setiap ibu-ibu. Saat masih baru, biasanya peralatan masak tersebut digunakan dengan hati-hati agar tidak menghitam atau sampai tergores. 

Deretan Alat Masak Ekslusif Hadir di Bulan Ramadhan 2024

Namun lama-kelamaan, jika tidak dirawat dengan baik, alat masak premium sekalipun tentu saja tidak akan awet dan mudah rusak. Belum lagi jika proses pembersihannya tidak dilakukan dengan benar, peralatan masak tidak nampak indah lagi. Lalu, bagaimana cara merawat alat masak yang benar? Yuk, scroll. 

Finalis Master Chef Indonesia season 5, Chef Firdaus, turut membagikan tips untuk merawat alat masak, termasuk alat masak premium, agar awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Restoran Pizza Autentik Italia Peraih 'Top 50 Pizza' Kini Hadir di Jakarta

"Sebisa mungkin gunakan alat membantu memasak ketika menggunakan peralatan masak, seperti spatula dari kayu atau silikon dari karet," jelasnya di acara Happycall Indonesia 14th Anniversary, yang digelar di Kemang, Jakarta Selatan, baru-baru ini. 

Ilustrasi alat masak.

Photo :
  • Freepik/lifeforstock
Gak Perlu ke Luar Negeri, Nongkrong ala Restoran Mewah New York Ada di Jakarta

Lebih lanjut menurut Chef Firdaus, setelah digunakan dan ingin dibersihkan, jangan langsung disiram air. 

"Gunakan dulu spons busa dan setelah selesai dibersihkan, pastikan alat masak kering, baru kemudian disimpan," ujarnya. 

Direkur Marketing Happycall Indonesia, Roy Kim, menambahkan, Happycall tengah merayakan 14 tahun keberadaan produk-produk mereka di Indonesia. Dia mengungkapkan, produknya adalah brand cookware No.1 di Korea Selatan dan juga pelopor teknologi double pan di dunia, di mana produk Happycall Double pan sudah terjual jutaan di seluruh dunia.

"Selain double pan Happycall juga memiliki variasi produk lain mulai dari Frying pan, wok, pot, cooking tools, electronics dan juga beragam produk lainnya. Ke depannya Happycall akan terus berinovasi dan mengembangkan teknologi mutakhir yang akan diaplikasikan pada produk-produknya,"  kata Kim. 

Hari jadi ke-14 Happycall dirayakan dengan Cooking Experience di Ramurasa Cooking Studio di Kemang Timur, Jakarta Selatan. Dipandu Chef Firdaus, menu masakan cooking demo adalah Pizza roti dan Toppoki. 

Setelah demo memasak, tamu undangan diperbolehkan untuk mencoba pengalaman memasak dengan Happycall dengan menu yang simpel dan sangat mudah dibuat seperti pancake dan kimchi jeon. Selain itu, tamu undangan juga diperbolehkan untuk mencoba beberapa finger food seperti dimsum, toppoki, waffle, dan yang lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya