Cara Membuat Susu Almond dan 5 Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Almond/susu almond.
Sumber :
  • Pixabay/rawpixel

VIVA Lifestyle – Susu almond yang terkenal dengan rasa yang gurih dan nikmat. Namun, tidak hanya itu. Ada beragam manfaat susu almond untuk kesehatan tubuh berkat kandungan nutrisinya. Selain bisa di toko atau supermarket, kamu juga bisa membuat susu almond sendiri di rumah, lho.

Terpopuler: 6 Cara Buat Suami Bertahan di Atas Ranjang hingga 7 Manfaat Tempe bagi Kesehatan Tubuh

Kacang almond dapat dikonsumsi langsung sebagai camilan sehat atau diolah menjadi produk dan salah satunya adalah susu almond. Jika dibandingkan dengan susu sapi, susu almond diketahui lebih rendah kalori.

Susu Kacang Almond

Photo :
  • VIVA.co.id
8 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan, Bisa Meredakan Gejala Menopause

Selain itu, susu almond juga mengandung makronutrisi, yaitu karbohidrat, lemak, dan protein, serta kaya akan vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin D, vitamin E, kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium.

Berbagai Manfaat Susu Almond bagi Kesehatan

Dokter Ungkap Penyebab Tulang Jadi Keropos, Salah Satunya Jarang Aktivitas Fisik

Susu almond.

Photo :
  • U-Report

Berkat kandungan nutrisi di dalamnya, susu almond dapat dijadikan sebagai pengganti susu hewan yang lebih sehat, seperti susu sapi atau susu kambing, terutama bagi kamu yang menjalani pola makan vegan. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat susu almond yang bisa kamu peroleh:

1. Menjaga Kesehatan Tulang

Susu almond mengandung kalsium yang cukup tinggi untuk memelihara struktur tulang dan menjaga tulang tetap kuat. Dengan begitu, kesehatan tulang bisa selalu terjaga dan terhindar dari patah tulang akibat osteoporosis.

2. Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Jantung

Ilustrasi penyakit jantung.

Photo :
  • U-Report

Menurut sejumlah penelitian, susu almond dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Hal ini karena susu almond tidak mengandung kolesterol serta kaya akan lemak dan antioksidan, sehingga bisa memberikan efek antiradang dan menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

3. Mencegah Kerusakan Kulit

Ilustrasi Kulit Wajah Sehat

Photo :
  • SNP Lab

Konsumsi susu almond efektif untuk mencegah kerusakan kulit, memperbaiki lapisan kulit, dan melawan penuaan. Khasiat ini memperoleh berkat vitamin E dalam susu almond yang berperan sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas dan menjaga kulit tetap sehat.

4. Mengontrol Kadar Gula Darah

cara mencegah kadar gula darah naik

Photo :
  • U-Report

Manfaat susu almond selanjutnya adalah mengendalikan kadar gula darah. Kandungan magnesium pada susu almond bermanfaat untuk mengontrol aliran darah dan nutrisi, serta mengontrol gula darah dalam tubuh. Inilah mengapa susu almond baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Di samping konsumsi khasiat susu almond bagi penderita diabetes, pastikan kamu mengonsumsi susu almond tanpa tambahan tambahan agar manfaatnya lebih optimal, ya.

5. Peningkatan Fungsi Kognitif

Pentingnya pendidikan anak bagi kemampuan kognitif dan emosional

Photo :
  • vstory

Tidak hanya untuk kulit, kandungan vitamin E pada susu almond juga baik untuk otak. Beberapa penelitian menyatakan bahwa konsumsi kacang almond dan olahannya secara rutin dapat mencegah terjadinya penurunan fungsi kognitif dan mengurangi risiko terkena penyakit Alzheimer.

Selain manfaat di atas, bagi kamu yang memiliki alergi atau tidak toleran terhadap susu sapi, kamu bisa mengonsumsi susu almond sebagai alternatif, baik untuk dikonsumsi secara langsung atau sebagai bahan tambahan untuk makanan lainnya, seperti kue, sereal, atau roti.

Susu almond umumnya baik dikonsumsi untuk siapa saja yang sedang menjalani program diet, termasuk diet bagi ibu menyusui. karena susu almond mengandung banyak lemak baik dan kalori yang lebih rendah dari susu hewan, sehingga lebih bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan.

Cara Membuat Susu Almond

Almond/susu almond.

Photo :
  • Pixabay/rawpixel

Untuk memperoleh manfaat yang maksimal, sebaiknya kamu memilih susu almond yang tidak mengandung gula tambahan dan biasanya diberi label susu tanpa pemanis. Namun, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Membuat susu almond pun tidak sulit, kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah berikut ini:

  • Rendam kacang almond selama 1 malam
  • Saring kacang almond, lalu masukkan ke blender
  • Tambahkan air sesuai jumlah kacang almond, yaitu 2 cangkir air untuk setiap 1 cangkir kacang almond
  • Haluskan kacang almond dengan blender sekitar 2 menit
  • Saring susu almond
  • Susu almond siap untuk diminum

Bila rasanya terlalu tawar, kamu juga bisa menambahkan gula sesuai selera. Namun, pastikan jumlahnya tidak terlalu banyak agar manfaat susu almond masih bisa diperoleh. menggunakan gula pasir, kamu juga bisa memakai gula stevia sebagai pemanis daripada yang terlupakan lebih sehat.

Meski baik untuk kesehatan, konsumsi susu almond tidak disarankan bagi kamu yang memiliki alergi kacang, karena berisiko menimbulkan reaksi alergi, baik reaksi alergi maupun reaksi alergi berat (syok anafilaktik).

Jika setelah minum susu almond, kamu  merasakan sesak napas, mual, muntah, disertai bentol dan gatal di kulit, segera hentikan konsumsi susu ini dan periksakan diri ke unit darurat terdekat.

Buah pepaya.

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Buah pepaya (Carica papaya) adalah buah tropis yang terkenal dengan rasa manisnya dan kandungan nutrisinya yang kaya, terutama bagi tubuh sehingga semakin sehat.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024