12 Manfaat Minuman Sarang Burung Walet, Salah Satunya Menurunkan Kolesterol

Petani memperlihatkan sarang burung walet yang baru dipanen
Sumber :
  • ANTARA/Syifa Yulinnas

VIVA Kuliner Manfaat minuman Sarang burung walet atau dikenal juga dengan sebutan Edible's Bird Nest merupakan sarang yang tercipta dari air liur burung walet yang kemudian menjadi padat. di balik sarang burung walet memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan.

Menguak Manfaat Ajaib Buah Manggis untuk Kesehatan Tubuh

Perusahaan makanan dan minuman sehat berbasis sarang burung walet banyak ditemukan dengan mudah saat ini. Apalagi, Indonesia menjadi salah satu negara penghasil sarang burung walet terbaik di dunia.

Ilustrasi Minuman Kemasan. Sumber : pixabay.com

Photo :
  • vstory
Menguak Manfaat Ajaib Si Manis Buah Srikaya

Lalu, apa saja manfaat dari minuman Sarang Burung Walet tersebut? Nah, Simak ulasan Viva kali ini mengenai 12 manfaat yang Viva lansir dari berbagi sumber sebagai berikut.

1. Sumber Mineral yang Penting untuk Tubuh

3 Skincare Ini Jadi Paling Diandalkan oleh Penggunanya

air putih

Photo :
  • U-Report

Manfaat sarang burung walet yang pertama adalah mengandung banyak mineral baik yang penting untuk kesehatan tubuh, seperti kalsium, mangan, dan tembaga.

Kandungan mineral tersebut mampu membantu proses pertumbuhan tulang, meningkatkan metabolisme karbohidrat, mengaktifkan enzim, meningkatkan produksi kolagen, dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Tidak heran mengapa banyak orang yang ingin mengonsuminya untuk alasan kesehatan.

2. Peningkat Imun atau Daya Tahan Tubuh

Sistem imun tubuh.

Photo :
  • U-Report

Sejak dulu, sarang burung walet telah banyak digunakan sebagai pengobatan tradisional Cina untuk mengobati berbagai penyakit dan mendukung sistem kekebalan tubuh tanpa efek. Hal inilah yang membuat banyak orang mulai mengonsumsinya sekarang, terutama pada masa pandemi virus korona.

Tidak hanya itu, bagi orang yang sedang menjalankan kemoterapi, konsumsi air liur burung walet dapat meningkatkan kekebalan daya tahan, terutama pada bagian usus yang melemah akibat proses membantu terapi tersebut.

3. Mengandung Antioksidan yang Tinggi dan Mencegah Kanker

Bentuk lemah virus herpes telah dimodifikasi menyerang sel kanker

Photo :
  • thehealthsite.com

Sarang burung walet juga kaya akan antioksidan dan memiliki senyawa aktif a yang dapat menangkal efek radikal bebas. Antioksidan ini dapat membantu mencegah berbagai penyakit berbahaya yang membahayakan tubuh, seperti kanker.

4. Menurunkan Kolesterol dan Risiko Penyakit Jantung

Ilustrasi penderita asam urat dan kolesterol.

Photo :
  • U-Report

Kolesterol yang sangat berbahaya bagi tubuh karena dapat memicu terjadinya pengentalan darah. Dengan mengonsumsi sarang burung walet secara rutin, maka bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, mengonsumsi sarang burung walet juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Mengurangi Dampak Nikotin

Membersihkan nikotin dari tubuh.

Photo :
  • U-Report

Jika kamu atau orang terdekat merupakan perokok aktif maupun pasif, konsumsi sarang burung walet sangat bermanfaat bagi tubuh Anda. Seperti yang kita ketahui, nikotin memiliki dampak negatif bagi kesehatan. Nah, sarang burung walet mampu mengurangi kadar nikotin dari rokok yang masuk ke tubuh sehingga dapat mengurangi risiko kanker.

6. Kaya akan Asam Amino

Casein, salah satu protein yang terkandung dalam susu merupakan sumber asam amino esensial.

Photo :

Salah satu komposisi yang terkandung dalam air liur burung walet adalah protein khusus dengan berbagai asam amino. Inilah yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh, seperti meregenerasi sel, meningkatkan daya ingat, dan juga menyerap vitamin D dari matahari.

7. Baik untuk Kesehatan Kulit

Ilustrasi menjaga kesehatan kulit.

Photo :
  • U-Report

kandungan asam amino dalam sarang burung walet ternyata sangat baik untuk kesehatan kulit kamu. Dengan rutin mengonsuminya, sarang burung walet dapat mencerahkan kulit, meregenerasi sel-sel kulit mati, memudarkan flek hitam, dan juga kerutan. pasti Anda ingin memiliki kulit cerah dan sehat, bukan?

8. Mencegah Resistensi Insulin

Ilustrasi suntik insulin/diabetes.

Photo :
  • Freepik/jcomp

Tahukah Anda jika resistensi insulin merupakan salah satu faktor yang mengakibatkan penyakit diabetes? Dengan mengonsumsi sarang burung walet, Anda dapat mencegah terjadinya resistensi insulin ini di dalam tubuh.

Gizi yang terkandung di dalamnya mampu mengurangi produksi insulin yang berlebih dan juga memecah lemak agar lebih efektif.

9. Menjaga Kesehatan Otak dan Mencegah Depresi

Ilustrasi depresi/stres.

Photo :
  • Freepik/jcomp

Manfaat lain dari sarang burung walet adalah dapat menjaga kesehatan otak. Kandungan fenilalanin dalam air liur burung walet ini mampu membantu fungsi sistem saraf pusat berjalan dengan stabil. Selain itu, sarang burung walet juga bisa membuat tubuh lebih rileks sehingga bisa mengurangi rasa depresi.

10. Memenuhi Nutrisi Ibu Hamil

Ilustrasi ibu hamil.

Photo :
  • freepik by freepik

kandungan asam folat pada sarang burung walet ternyata memiliki peran penting dalam perkembangan janin. Ibu hamil dapat mengonsumsi sarang burung walet secara rutin sejak usia kandungan 2 bulan bahkan hingga bayi berusia 2 tahun. Manfaat sarang burung walet ini dapat membangun sel otak calon bayi agar cepat terhubung.

11. Mencegah Permasalahan Seksual

pelecehan seksual

Photo :
  • U-Report

Konsumsi sarang burung walet juga ternyata dapat mengatasi permasalahan seksual. kandungan histidin yang ada di dalamnya mampu mengobati masalah disfungsi seksual, dan membangkitkan gairah.

12. Mencegah Berbagai Penyakit pada Anak

Ilustrasi anak sakit.

Photo :
  • Freepik

Di dalam sarang burung walet yang terkandung asam glutamat yang berperan penting dalam sistem metabolisme gula dan lemak.

Hal inilah yang menjadikan sarang burung walet sebagai salah satu pengobatan bagi anak-anak yang mengalami epilepsi, gangguan mental, distrofi otot, dan lain-lain.

Ilustrasi nge-Gym

5 Fakta Penting tentang Gym untuk Kesehatan Tubuh hingga Kehidupan Seksual

Saat ini semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh dan salah satu cara yang populer adalah dengan berolahraga di gym. Berikut fakta-faktanya

img_title
VIVA.co.id
3 Mei 2024