Tak Banyak Dilirik, Daging Domba Ternyata Nutrisinya Tinggi

Ilustrasi daging merah
Sumber :
  • Pexels/Mali Maeder

VIVA Kuliner – Konsumsi daging merah di Indonesia masih cukup tinggi, namun hal tersebut rupanya berlaku untuk daging sapi dan kambing. Sementara daging domba, belum banyak orang yang melirik hewan ternak yang satu ini. Padahal, daging domba merupakan salah satu sumber protein yang tinggi bagi tubuh manusia.

Daftar Harga Pangan 28 Maret 2024: Bawang Merah, Cabai hingga Daging Sapi Naik Lagi

Daging domba juga mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi kesehatan. Selain protein, daging domba juga mengandung zat besi, seng, hingga vitamin B12. 

Salah satu negara pengimpor daging domba terbaik adalah Australia. Negara yang memiliki wilayah daratan dengan padang rumput yang sangat luas itu juga memiliki peternakan domba yang begitu besar.

Mahfud Sebut Pembatalan Pemilu Bukan Mustahil, Contohnya Terjadi di Australia dan Ukrania

Ilustrasi daging merah.

Photo :
  • U-Report

Domba Australia diternak di padang penggembalaan secara bebas, mengonsumsi pakan rumput dan bebas dari zat aditif buatan. Daging domba Australia terkenal memiliki standar terbaik mulai dari proses peternakan hingga pengolahan untuk memastikan kualitas dagingnya.

Kemenko Perekonomian Ungkap Besarnya Gap Pasokan Pangan: 50 Persen Terpusat di Pulau Jawa

"Daging domba Australia itu kebanyakan free dari hormon karena Australia negaranya luas. Semua domba diternak di padang rumput yang luas dan mereka makan rumput. Nah, dari rumputnya itu sendiri juga punya nutrisi tersendiri. Jadi, dengan kandungan yang baik juga termasuk air yang bersih dan udara yg segar sehingga domba-domba mendapatkan nutrisi yang terbaik," ujar Siti Nur Aini,Trade Development Manager MLA, dalam acara Kick-off South East Asia Six Hands Lambassador, di Jakarta, Jumat 25 November 2022.

Mayoritas penduduk Indonesia yang beragama Islam tentunya mendambakan makanan yang halal dan bergizi. Oleh karena itu, Aini memastikan bahwa daging domba yang diimpor dari negeri Kanguru tersebut dipastikan telah bersertifikasi halal.

"Kami bersama pemerintah Australia memastikan bahwa semua daging domba Australia yang menuju negara-negara exporting seperti Indonesia punya kualitas yang terbaik dan ada sertifikasi halalnya," jelasnya.

Pengolahan daging domba Australia juga cukup mudah dibandingkan dengan daging kambing yang umumnya memiliki aroma yang sangat kuat. Selain itu, berbagai bumbu dan jenis masakan juga cocok untuk dipadukan dengan daging domba Australia.

"Domba Australia itu dari dagingnya sendiri sudah oke. Jadi prosesnya juga tidak terlalu lama. Tekstur dagingnya sudah sangat bagus jadi cukup mudah untuk mengolah daging domba Australia ini. Untuk bumbu dan lainnya juga mudah untuk dikombinasikan," papar Chef A. Santoso Windoe.

Konferensi pers South East Asia Six Hands Lambassador.

Photo :
  • Istimewa

Meat & Livestock Australia (MLA) bersama dengan Hotel bintang-5 Archipelago Group memprakarsai acara South East Asia Six Hands Lambassador untuk mempromosikan konsumsi daging domba Australia di kalangan konsumen Indonesia dengan meningkatkan kesadaran akan rasa, kualitas dan keunggulan daging domba Australia.

South East Asia Six Hands Lambassador yang akan berlangsung dari 26 November hingga 3 Desember 2022, akan memamerkan daging domba Australia yang serbaguna melalui kolaborasi kuliner dari 3 chef dari 3 negara berbeda, termasuk Indonesia. Program Lambassador global menghadirkan profesional makanan berpengaruh, yang bersemangat memasak dengan daging domba Australia, untuk berbagi metode terbaik dalam menikmati daging domba Australia.

Ini akan menjadi pertama kalinya 3 chef dari kawasan Asia Tenggara datang dan berkolaborasi untuk mempromosikan daging domba Australia dan berinteraksi langsung dengan konsumen untuk jangkauan yang lebih luas. Chef A.S. Windoe dari Indonesia akan berkolaborasi dengan Chef Francis Thuan dari Vietnam dan Chef Yakup T. dari Thailand dalam mempromosikan menu South East Asia Six Hands Lambassador di The Grove Suites, Jakarta di bawah naungan Hotel bintang-5 Archipelago Group.

Selama masa promosi, ketiga menu tersebut akan tersedia untuk disantap. Pengunjung dapat menantikan hidangan daging domba yang disiapkan dengan gaya kuliner yang berbeda. Menu Crusted Lamb Rack ala Chef A.S. Windoe (dari Indonesia) sedangkan Chef Francis Thuan (dari Vietnam) akan menyiapkan menu Lamb Shoulder Rack, dan menu Khao Soi Lamb Shank dari Chef Yakup T. (dari Thailand).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya