Roti Baguette Asal Prancis Resmi Jadi Warisan Budaya Tak Benda oleh UNESCO

Baguette asal Prancis
Sumber :
  • freepik.com

VIVA Kuliner  – Roti baguette yang sederhana, yang menjadi pertanda kue khas Prancis di seluruh dunia, baru saja ditambahkan ke daftar warisan budaya tak benda oleh PBB sebagai tradisi yang dihargai untuk dilestarikan oleh umat manusia.

Bea Cukai Musnahkan Pakaian Bekas Bernilai Ratusan Juta di Yogyakarta

Badan itu mengumumkan telah menambahkan "pengetahuan artisanal dan budaya roti baguette" ke dalam daftar 600 item lainnya, bergabung dengan hal-hal seperti pembuatan teh tradisional di China dan tarian topeng Korea yang dikenal sebagai "talchum" keduanya juga termasuk untuk yang pertama di waktu tahun 2022.

Para pakar UNESCO yang berkumpul di Maroko minggu ini memutuskan bahwa seruling Prancis sederhana tersebut, yang hanya terbuat dari tepung, air, garam, dan ragi, layak mendapat pengakuan PBB, setelah pengakuan gambaran Prancis tentang "penurunan terus-menerus" jumlah toko roti tradisional, dengan 400 toko ditutup setiap tahun selama setengah abad terakhir.

Pelapor PBB Ungkap Serangkaian Kejahatan Perang di Gaza yang Belum Pernah Terjadi Sebelumnya

Roti Baguette jadi warisan budaya tak benda oleh UNESCO

Photo :
  • UNESCO

Pencantumannya tertulis "merayakan cara hidup Prancis", kata kepala UNESCO Audrey Asoulay, menambahkan: "Baguette adalah ritual harian, elemen penataan makanan, identik dengan berbagi dan keramahtamahan.” jelasnya, melansir NPR, Kamis, 1 Desember 2022. 

Meutya Hafid: Jika Resolusi DK PBB Tidak Dipedulikan Israel, PBB Harus Segera Bertindak

“Penting agar pengetahuan kerajinan dan praktik sosial ini dapat terus ada di masa depan,” tambah Azoulay, yang juga mantan Menteri Kebudayaan Prancis.

Dengan status baru roti tersebut, pemerintah Prancis berencana untuk membuat hari baguette artisanal, yang disebut "Open Bakehouse Day", untuk menghubungkan Prancis lebih baik dengan warisan mereka.

Kembali ke Prancis, banyak pembuat roti tampak bangga, meski tidak terkejut.

"Tentu saja, itu harus ada dalam daftar karena baguette melambangkan dunia. Itu universal," kata Asma Farhat, pembuat roti di Julien's Bakery dekat jalan Champs-Elysee Paris. "Jika tidak ada baguette, Anda tidak bisa makan dengan benar. Di pagi hari Anda bisa memanggangnya, untuk makan siang itu sandwich, dan kemudian menemani makan malam." jelasnya. 

Terlepas dari penurunan jumlah toko roti tradisional, 67 juta orang Prancis masih tetap menjadi konsumen baguette yang masif, dibeli di berbagai titik penjualan, termasuk di supermarket.

Roti Baguette jadi warisan budaya tak benda oleh UNESCO

Photo :
  • UNESCO

Puncak produk tidak datang sampai tahun 1920-an, dengan munculnya undang-undang Prancis yang mencegah pembuat roti bekerja sebelum jam 4 pagi. Bentuk baguette yang panjang dan tipis berarti dapat dibuat lebih cepat. 

"Keahlian artisanal dan budaya roti baguette" ditorehkan pada pertemuan Maroko di antara barang-barang warisan budaya global lainnya, termasuk tarian ritual Furyu-odori Jepang, dan master rum ringan Kuba.

Namun, baguette seperti yang  dikenal sekarang baru diberi nama secara resmi lebih dari 100 tahun yang lalu, pada tahun 1920. Saat itulah aturan ketat tentang apa yang digolongkan sebagai baguette diberlakukan - standar pada 80cm (30in) dan 250g (8oz). 

Presiden Prancis, Emmanuel Macron mengatakan baguette "dicemburui di seluruh dunia". Macron, yang telah lama berjuang untuk menambahkan baguette ke dalam daftar budaya UNESCO mencatat setelah pengumuman bahwa baguette adalah "250 gram keajaiban dan kesempurnaan dalam kehidupan kita sehari-hari".

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya