Kedai Ini Sajikan Aneka Kopi Terbaik Indonesia, Jokowi Aja Sampai Kepincut

Presiden Joko Widodo cicipi kopi Nusantara.
Sumber :
  • Strada Coffee.

VIVA Kuliner – Semua kopi yang berada di Indonesia sangat diminati oleh konsumen mancanegara. Berkat letak geografis yang beragam menjadikan bumi Nusantara memiliki banyak ragam pilihan kopi dengan cita rasa berbeda. 

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Hal inilah yang mendorong Evani Jesslyn sebagai pemilik Strada Coffee melakukan kurasi kopi terbaik di Nusantara dan mendirikan Coffee Academy, agar para barista hingga para petani kopi di Tanah Air dapat mengolah untuk menghadirkan kopi yang tak kalah dengan rasa dan kualitas kopi impor. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

Ketertarikan Evani Jesslyn terhadap kopi membawa dirinya untuk lebih dalam memahami dengan belajar tentang kopi di berbagai negara, bagaimana cara membudidayakan hingga mengolahnya. Talenta dan pemahaman Evani terhadap kopi menjadikan dirinya sebagai Juara Pertama Cupping di kompetisi Barista Farmer di Brasil tahun 2016. Pada saat itu, Evani menjadi satu-satunya perwakilan dari Asia, untuk bersaing dengan 9 juara barista lainnya dari seluruh dunia.

Status Jokowi di PDIP, Komarudin Watubun: Sudah di Sebelah Sana, Bagaimana Dibilang Bagian PDIP

“Banyak kopi terbaik di Indonesia diekspor, dan hal ini tak banyak diketahui oleh masyarakat yang gemar meminum kopi. Sehingga penting bagi Strada Coffee mengumpulkan kopi terbaik tersebut disajikan lokal. Kami juga memberikan pelatihan kepada para petani sampai ke para barista agar kopi yang dinikmati sesuai dengan keinginan dan ekspektasi konsumen,” ujar Evani Jesslyn dalam keterangannya, Rabu 14 Desember 2022. 


 
Talenta Evani Jesslyn yang mendirikan Strada Coffee di Jl. Letnan Jenderal S. Parman No.47A, Gajahmungkur, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah, akhirnya terdengar hingga Istana Presiden. 

MK: Dalil Pemohon Ada Intervensi Presiden Terkait Pencalonan Gibran Tak Beralasan Hukum

"Saya diperkenankan untuk menyajikan kopi-kopi terbaik di Indonesia kepada Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, sebanyak 2 kali. Yang pertama di Istana Bogor tahun 2017 pada hari kopi internasional, saya menyajikan kopi Toraja dan Jawa. Yang kedua kali di Jakarta, saya menyajikan kopi-kopi Indonesia hasil produksi saya seperti kopi dari Papua, Bali, dan lain-lain," ungkapnya. 

Adapun kopi Toraja tersebut didatangkan dari wilayah kaki Gunung Sesean dengan ketinggian 1400-2100 mdpl. Tidak heran banyak yang bilang Toraja ini adalah negeri di atas awan. Pada elevasi setinggi ini, serta jenis tanah andosol, rasa dari kopi akan menjadi sangat kompleks. Hal ini yang menjadi alasan utama mengapa kopi Toraja memiliki aroma floral yang menonjol.

Masyarakat Toraja sendiri sangat menjaga budaya daerah setempat. Terbukti dari masih adanya pelaksanaan ritual pesta upacara kematian, rumah adat Tongkonan yang masih dipertahankan dan bahkan terus dibangun, serta seni pahat kayu dengan berbagai macam ukiran yang masing-masing mengandung filosofi masih banyak kita temui di Toraja.

Sedangkan untuk kopi Jawa didatangkan dari petani di wilayah Temanggung. Temanggung terkenal dengan robusta dan kualitas yang meningkat dari tahun ke tahun. Kebun kopi yang terletak di lereng Gunung Kelir dengan Ketinggian 800-1000 m dpl sangat bagus untuk menanam kopi robusta berkualitas.

“Banyak orang masih berpikir bahwa rasa kopi robusta itu tidak menyenangkan, aroma tanah, sepet, pahit. Namun kami menemukan pengolahan kopi robusta yang spesial ini, khususnya dari Temanggung, petik merah dan fullwash, yang menghasilkan rasa kopi yang clean dengan rasa cokelat dan kacang. Mereka menggunakan Wet Process yang biasanya digunakan untuk memproses arabika," paparnya. 

Pilihan sajian kopi terbaik yang dipahami oleh Evani bahkan bisa untuk mendukung kesehatan tubuh. 

"Bila ada konsumen yang ingin minum kopi tapi takut terkena gangguan lambung, atau takut pahit, atau perlu untuk melancarkan metabolisme tubuh, di Strada Coffee kami punya solusinya. Kami bisa pilihkan kopi untuk masing-masing kondisi kesehatan dan kegunaannya. Jadi bisa lebih tenang menikmati kopi tanpa takut terganggu kesehatannya," tutur dia. 

Dengan tagline Rasakan Kopi Terbaik Nusantara, Evani bertekad menyajikan kopi-kopi dengan kurasi terbaik dari masing-masing daerah. 

"Saya harus memahami cara analisa kualitas dan mencapai standar kualitas tersebut. Oleh karena itu, saya harus bisa memahami keseluruhan proses kopi hulu-hilir secara mendalam, agar saya juga dapat men-sharing-kan ilmu kopi berstandar internasional kepada semua orang yang bekerja di industri kopi," pungkasnya. 

Dengan tekat tersebut, Evani mengambil hampir semua training sertifikasi kopi yang ada di dunia, hingga memiliki hampir 20 sertifikat dan menjadi pengajar bersetifikasi internasional.

Di Strada Coffee selain bisa menikmati langsung pilihan kopi terbaik dari perkebunan di Indonesia, pengunjung juga dapat berkonsultasi untuk pilihan kopi yang dibawa pulang atau sebagai oleh-oleh untuk diberikan kepada rekan sesama penggemar kopi.

Tersedia mulai dari yang masih biji hingga sudah digiling sesuai kebutuhan seduh. Packaging-nya juga memiliki desain yang khas dan unik, yang mengangkat keberagaman budaya masing-masing daerah dari lokasi kopi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya