5 Makanan Sehat Atlet Bola, Ada Favoritnya Lionel Messi

Makanan sehat atlet bola
Sumber :
  • greenqueen

VIVA Lifestyle – Seperti banyak atlet profesional, pemain sepak bola beralih ke pola makan sehat untuk tetap dalam performa terbaiknya. Dengan adanya Piala Dunia FIFA 2022, turut disajikan beberapa makanan pokok vegan yang menjadi bahan bakar para pemain bintang turnamen, dari Lionel Messi hingga Gareth Bale.

Sejarah Ketupat yang Menjadi Menu Paling Populer Saat Hari Raya Idul Fitri

Perlu disebutkan bahwa ada banyak pesepakbola lain yang tidak bermain di Piala Dunia FIFA 2022 tetapi juga memilih makanan vegetarian untuk tetap berada di puncak permainan mereka. Scroll untuk simak artikel selengkapnya.

Beberapa pemain yang paling terkenal termasuk mantan striker Spurs Jermain Defoe, seorang flexitarian aktif yang memilih menjadi vegan 3-4 hari per minggu, dan mantan striker Manchester City Sergio Agüero, yang telah mengurangi daging dari makanannya. Mantan gelandang Inggris Fabian Delph dan bek tengah Roma Chris Smalling dilaporkan mengikuti pola makan nabati sepenuhnya.

10 Makanan yang Menjadi Favorit Nabi Muhammad SAW

Tak asal, peran sains dengan konsultasi dokter dibutuhkan untuk mendukung pilihan mereka juga. Pola makan nabati yang dominan dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan pemulihan, menurut banyak penelitian. Berikut 5 pilihan menu sehat para pemain bola, termasuk sang juara Lionel Messi!

1. Lionel Messi, Tim Argentina: Semangkuk makanan gandum sehat

Biar Rendang, Opor dan Sayur Ketupatnya Gak Basi, Perhatikan Cara Pengolahan Santannya

Sementara Lionel Messi bukan seorang vegan, bintang sepak bola terkenal itu kebanyakan menghindari daging hewan dan produk susu dari makanannya untuk tetap bugar. Menurut wawancara tahun 2016 dengan ahli gizi Italia Messi Giuliano Poser, makanannya terutama terdiri dari minyak zaitun berkualitas baik, biji-bijian, sayuran dan buah-buahan, serta banyak kacang-kacangan dan biji-bijian.

Dia juga tetap terhidrasi dengan banyak air sambil menghindari minuman manis. Kedengarannya seperti makanan nabati Messi adalah semangkuk penuh makanan gandum utuh, dengan keseimbangan yang baik antara karbohidrat gandum, lemak sehat, dan sayuran!

2. Ilkay Gundogan, Tim Jerman: Burger vegan

Ilkay Gundogan menyukai burger vegan, atau begitulah kata koki Jonny Marsh. Menurut Marsh, gelandang Manchester City itu kerap memilih opsi nabati untuk performa atletiknya. Burger favorit Gundogan sarat dengan protein nabati, terbuat dari bahan dasar buncis, nasi, dan lentil.

3. Gareth Bale, Tim Wales: Kacang di roti bakar

Ya, hidangan pra-pertandingan favorit Gareth Bale adalah kacang di atas roti bakar. Pemain Welsh dan pemain sayap terkenal itu secara tidak sengaja melahap makanan vegan sebelum setiap pertandingan besar, seperti yang diungkapkan oleh mantan pemain tim Tottenham Kyle Walker pada tahun 2015.

4. Robert Lewandowski, Tim Polandia: Bubur millet dan oat

Robert Lewandowski bukan vegan atau bahkan vegetarian, tetapi dia sangat ketat dalam menghentikan produk susu dari pola makannya. Dibantu oleh istrinya Anna, yang juga seorang instruktur kebugaran dan peraih medali Piala Dunia Karate, rencana makan Lewandowski menampilkan beberapa hidangan nabati. Dia sering memulai hari dengan bubur berbahan dasar millet dan oat, dibuat dengan susu almond atau susu beras dan satu sendok protein vegan.

5. Hector Bellerin, Tim Spanyol: Seitan stew

Sementara Hector Bellerin tidak akan bermain di Piala Dunia 2022 karena cedera, bek Barcelona telah menjadi pendukung vokal diet vegan. Dia mengadopsi pola makan nabati sepenuhnya pada tahun 2016, dan sejak itu menjadi pendukung Vegan dan bahkan berinvestasi di Forest Green Rovers, klub sepak bola vegan pertama di dunia.

Dalam vlog YouTube Bellerin sendiri, dia membagikan salah satu menu makan siangnya, yang menampilkan sepiring rebusan seitan, sayuran hijau, couscous atau quinoa, hummus, dan roti pita yang kaya protein nabati. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya