Cah Brokoli Telur, Resep Sehat nan Lezat Cegah Kolesterol

Cah Brokoli Telur
Sumber :
  • Facebook @resepsangbunda

VIVA Kuliner – Telur kerap menjadi pilihan mudah dan sederhana dalam mengolah berbagai jenis makanan dengan rasa yang lezat. Salah satu yang patut dicoba untuk makan siang adalah paduan telur dan brokoli yang rupanya ampuh mencegah kolesterol. Penasaran?

5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker

Dokter spesialis gizi klinis, Dr. Putri Sakti Sp.GK., mengatakan bahwa dalam sebutir telur mengandung banyak zat gizi, namun kadar proteinnya lah yang paling tinggi. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Dengan lemak sehat secukupnya, maka pengolahan telur dengan deret bahan makanan lain mampu membuat olahan terasa lebih lezat dan membantu menjaga kesehatan tubuh.

5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali

"Telur ada kandungan kolesterol juga cukup tinggi, ada mikronutrien, biotin, zink, dan vitamin lain seperti vitamin d yang bisa didapat selain dari matahari," tuturnya dalam acara Hidup Sehat tvOne, beberapa waktu lalu.

Namun, dokter Putri tak menampik bahwa kuning telur kerap menjadi momok menakutkan dengan kadar kolesterol yang tinggi.

7 Manfaat Tempe untuk Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Protein untuk Kesehatan Tulang

Faktanya, kandungan kolesterol sebenarnya dibutuhkan sehingga asupan tepat dari kuning telur justru mampu menjaga kebugaran dengan baik.

"Apabila konsumsi dengan porsi tepat yaitu 1 kuning telur sehari masih aman apalagi diolah dengan tepat. Tinggi vitamin d juga dari kuning. Kolesterol juga dibutuhkan untuk produksi hormon. Asal tidak berlebih maka kolesterol sangat dibutuhkan," tuturnya.

Apabila konsumsi berlebihan, maka efek sampingnya dapat memicu kadar kolesterol tinggi yang berisiko pada sakit jantung hingga stroke. Maka dari itu, konsumsi telur harus sesuai porsi dan kebutuhan serta diimbangi sumber serat lainnya dari sayuran.

"Kalau makannya berlebihan, maka risiko obesitas dan sakit jantung lebih besar. Risiko sakit jantung dan stroke," tambahnya.

Nah, dokter Putri Sakti memiliki resep olahan telur yang sehat dan bergizi serta mudah diolah dengan menu Cah Brokoli Telur. Berikut menunya:

Bahan :

Brokoli secukupnya

Sayuran lain seperti tomat

1 butir telur

Bumbu: gula garam lada dan kaldu jamur serta saus tiram

Bawang putih dan bawang merah, iris tipis

Bisa dikentalkan dengan tepung maizena

Sedikit minyak untuk menumis

Cara :

Potong kasar brokoli, rendam di air garam untuk hindari serangga yang menempel.

Iris tomat dan sayuran lain.

Panaskan minyak lalu masukan bawang merah dan bawang putih hingga tercium aromanya.

Masukan brokoli, tumis sebentar, tambah tomat

Tuang kaldu dan bumbu lainnya

Tuang telur secara perlahan, aduk hingga matang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya