Resep Chicken Wrap Sehat Rendah Kalori, Cocok Buat Camilan Natal

Ilustrasi hidangan Natal
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Kuliner – Deret makanan untuk perayaan Natal kerap membuat mata gelap mata dan berakhir dengan berat badan meningkat atau bahkan kolesterol tinggi. Untuk mencegahnya, bisa sediakan camilan sehat buatan sendiri di rumah sehingga rendah kalori namun tetap nikmat untuk menemani momen spesial.

Minum Kopi Bisa Tingkatkan Tekanan Darah Tinggi, Mitos atau Fakta?

Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Verawati Sudarma SpGK, merekomendasikan resep chicken wrap yang mudah dan praktis dicoba di rumah. Pilihan bahannya pun terbilang rendah lemak serta tinggi serat yang membuat kenyang lebih lama dengan rasa lezat.

Ilustrasi Daging Ayam

Photo :
  • Pixabay/ StockSnap
Awas, Pria Muda Lebih Rentan Hipertensi! Kenali Gejala dan Cara Pencegahannya

Bahan yang dibutuhkan terbilang rendah kalori. Mulai dari kulit tortila yang mencakup 90 kkal dan ayam fillet yang mengandung 100 kkal per 40 gram. Variasikan dengan jenis protein lainnya yang rendah lemak seperti udang atau ikan.

"Ayam fillet, dianjurkan satu porsi 40 gram. Potong kecil dan tumis dengan satu sdt minyak sehat. Penggunaan ayam dengan 1 sdt minyak mengandung 100 kkal," ujarnya dalam acara Hidup Sehat tvOne, baru-baru ini.

Dua Organ Ini Paling Fatal Jika Terkena Komplikasi Hipertensi

Selain itu, tambah isiannya dengan telur rebus satu butir dan iris tipis. Selanjutnya, siapkan sayuran beragam warna. Pertama, sayuran hijau dari selada air yang tinggi serat, zat besi, asam folat, vitamin c, dan kalsium. Selanjutnya, sayuran berwarna merah atau oranye.

Ilustrasi Pohon Natal.

Photo :
  • Winsconsin

"Kandungan gizi berbeda dari tiap warna sayuran. Warna merah dari tomat. Ini sayur yang mudah dan murah digunakan. Karena merah mengadung betakaroten yang sehat untuk mata. Bisa diganti sayuran lain seperti wortel, sama-sama kandungannya," tambahnya.

Untuk sayuran berdasar putih seperti bawang bombay atau kol dengan kadar gizi tinggi. Selanjutnya, sayuran warna kuning yang tinggi likopen dari jagung.

"Dari berbagai sayuran pada 100 gram hanya 25 kkal serat, ini mencukupi sepertiga kebutuhan serat. Untuk beri rasa enak adalah telur. Gunakan satu butir. Disarankan dalam bentuk rebus. Gunakan sebanyak setengah dan hanya 60 kkal," terangnya.

Penambah rasa lain yang patut ditambahkan adalah keju dan mayonaise. Boleh dengan irisan 4 blok kecil keju atau 1 lembar keju yang mengandung 60 kkal. Untuk mayonaise, dianjurkan memakai seminimal mungkin agar tidak menambah kadar lemak.

Berikut resep dan bahannya.

Bahan:

2 buah kulit tortila 15 cm
Ayam fillet 40 gram
Sayuran seperti selada, tomat, jagung, dan wortel
Bawang bombay, iris
1 butir telur, rebus
Keju 1 lembar
Mayonaise secukupnya

Cara mengolah:

- Tumis ayam yang sudah dipotong dadu. Tiriskan
- Masukan bahan sayuran lalu aduk. Masukan mayonaise.
- Tambah dengan potongan telur rebus. Aduk dengan ayam. Campur di sayuran.
- Panaskan kulit tortila. Tuang campuran bahan sayuran dan ayam. Tambah keju. Lalu dipadatkan dan gulung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya