Sebarkan Kehangatan Natal dengan Butter Cake Lembut ala Chef Devina Hermawan

Butter Cake Lembut
Sumber :
  • Anchor Butter

VIVA Kuliner –  Tentu bukan Natal rasanya tanpa santapan yang menggugah selera seraya menghabiskan waktu bersama orang tersayang. Karenanya, Anchor Butter kembali berkolaborasi dengan Chef Devina Hermawan untuk membagikan resep masakan spesial kala Natal, Butter Cake yang mudah dibuat dan dinikmati bersama keluarga.

LPSK Tolak Beri Perlindungan 9 Orang Terkait Kasus Vina Cirebon, Ini Alasannya

Bicara tentang alasannya memilih hidangan ini, Chef Devina Hermawan menuturkan, "Bagi saya, hari Natal sangat identik dengan rasa pulang ke rumah karena Ibu saya suka membuat Butter Cake saat Natal waktu saya kecil.

Rasa dan wanginya yang klasik nan gurih ini bisa dinikmati sendiri atau dengan teh maupun coklat panas. Jadi walau saya tidak benar-benar pulang ke rumah saya waktu kecil, butter cake ini membawa saya merasa seperti pulang. Dan semoga teman-teman yang mencoba resep ini bisa merasakan hal yang sama ya.”

Kakak Laura Anna Larang Gaga Muhammad Kunjungi Makam Adiknya, Singgung Perilaku Buruknya Selama Ini

Seperti namanya, Butter Cake ini menggunakan Anchor Butter sebagai salah satu bahan utamanya. Menghasilkan cita rasa yang mengantarkan kehangatan dalam masakan para koki rumahan, membuat hidangan sederhana menjadi spesial dengan meningkatkan cita rasanya. Anchor Butter dapat dinikmati oleh siapapun tanpa khawatir akan kandungan bahannya.

Dilengkapi dengan asam lemak omega 3 tinggi, asam lemak terkonjugasi (CLA), serta vitamin-vitamin larut lemak seperti vitamin A, E dan K2, butter dapat menjadi ingredient yang mensuplemen nutrisi hidangan Anda. Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir akan risiko kolesterol saat mengkonsumsi butter dalam jumlah wajar.

10 Fakta Pesta Perceraian Meriah Berujung Laporan ke Polisi

Riszha Gandjar, Anchor Marketing Manager, Fonterra Brands Indonesia, mengatakan “Berbeda dari margarin yang terbuat dari lemak nabati, butter terbuat dari susu sapi. Butter adalah pilihan yang lebih baik karena memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan, juga lebih rendah kandungan asam lemak trans artifisial jika dibandingkan dengan margarin.

Berbekal kebaikan susu sapi asli Selandia Baru khas Fonterra, Anchor butter telah menjadi bagian dari setiap momen special keluarga Indonesia selama lebih dari 20 tahun. Menjelang Hari Natal ini, kami Bersama Chef Devina mempersembahkan resep butter cake yang klasik, mudah, cepat dibuat, dan disukai semua kalangan. Harapannya, setiap orang yang mencobanya dapat merasakan kebaikan butter tanpa ribet.”

Untuk mencoba butter cake ini, berikut resep dan cara pembuatan untuk takaran sajian 5-6 porsi:

Bahan kering:

140 gr tepung terigu protein sedang

15 gr maizena

20 gr susu bubuk

½ sdt baking powder

Bahan kuning telur:

150 gr Anchor Unsalted Butter

120 gr Anchor Tinned Salted Butter

130 gr gula pasir

6 butir kuning telur

30 ml minyak

40 gr kental manis

1 sdt perisa vanila

Bahan putih telur:

4 butir putih telur

50 gr gula pasir

½ sdt cream of tartar

? sdt garam

Cara memasak:

Blender gula pasir hingga halus kemudian di dalam mangkuk masukkan Anchor Unsalted Butter dan Anchor Tinned Salted Butter yang sudah suhu ruang, kocok beberapa saat hingga mengembang
Masukkan gula, kocok kembali lalu masukkan kuning telur secara perlahan, kocok kembali
Masukkan kental manis, perisa vanila, dan minyak, kocok sesaat
Masukkan baking powder, susu bubuk, maizena, dan tepung terigu sambil disaring, kocok hingga menyatu di kecepatan rendah
Kocok putih telur hingga berbusa kemudian masukkan setengah gula pasir, cream of tartar, dan garam, kocok kembali
Masukkan sisa gula pasir, kocok hingga membentuk paruh burung
Masukkan sedikit demi sedikit adonan putih telur ke dalam adonan kuning telur, aduk perlahan dengan spatula
Oles loyang dengan butter lalu tuang adonan. Panggang di suhu 175 derajat celcius selama 50 menit. Turunkan suhu menjadi 150 derajat celcius di 15 menit terakhir
Keluarkan cake dari loyang, tunggu hingga dingin kemudian potong-potong

Menurut Chef Devina, Butter cake adalah salah satu jenis kue yang sangat sederhana dengan bahan yang minim dan cara pengolahan yang mudah. Karenanya, komposisi resep dan pemilihan butter sangatlah penting.

“Untuk memaksimalkan cita rasa khas butter di butter cake ini, penggunaan pure butter alias butter murni dari Anchor jadi kunci. Inilah yang menentukan rasa, aroma, tekstur, hingga tingkat kelembutannya. Intinya, semakin sederhana bahannya, semakin krusial pemilihan kualitas bahan tersebut,” tutur Chef Devina.

Terbuat dari krim segar berkualitas tinggi, warna kuning pada Anchor Butter berasal dari susu sapi yang kaya akan beta karoten hasil konsumsi rumput hijau. Anchor Butter merupakan pure butter yang serbaguna, the perfect partner baik untuk memasak maupun memanggang, dapat digunakan untuk berbagai kreasi kuliner, baik pastri, makanan penutup, kue, lapisan gula, kue, biskuit, saus, dan lainnya.

Tak hanya Butter Cake, menurut Chef Devina, masih banyak jenis hidangan lainnya yang dapat menggunakan Anchor Butter untuk menghasilkan rasa makanan yang lebih lezat dan tekstur yang lebih nikmat.

“Penggunaan butter ini serbaguna, bisa meningkatkan cita rasa berbagai hidangan baik manis maupun gurih. Makanan sederhana pun jadi istimewa,” kata Chef Devina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya