Resep Praktis Udang Bakar Madu, Cocok Buat Malam Tahun Baru!

Ilustrasi udang
Sumber :
  • Pexels/Dana Tentis

VIVA Kuliner – Malam Tahun Baru paling tepat diisi dengan sesi mengolah makanan bersama kerabat dan dikonsumsi selagi hangat saat baru matang. Sebagian besar mungkin memilih daging dengan tinggi lemak untuk menemani momen akhir tahun yang sebenarnya bisa diganti dengan sumber protein lain yang lebih sehat dan praktis seperti udang.

Daftar Harga Pangan 25 April 2024: Bawang Merah hingga Daging Sapi Naik

Dokter spesialis gizi klinik, dr. Putri Sakti MGizi, SpGK, mengatakan, udang bisa menjadi pilihan bijak untuk dikonsumsi di momen spesial bareng keluarga, termasuk di malam Tahun Baru 2023 nanti. Terlebih, udang tak sekadar lezat tapi juga memiliki khasiat tersembunyi yang baik bagi kesehatan. Yuk, scroll untuk info lengkapnya.

"Dalam udang, selain tinggi protein, juga vitamin B12 dan zat besi. Itu bagus untuk tingkatkan sel darah merah sehingga baik pada oksigen dan nutrisi. Konsumsi udang bisa membantu meningkatkan fungsi otak," ujarnya dalam acara Hidup Sehat tvOne, baru-baru ini.

Daftar Harga Pangan 23 April 2024: Daging Sapi hingga Telur Ayam Turun

Selain dagingnya, kulit atau cangkang udang sangat berkhasiat baik untuk sumber kalsium tubuh. Jadi, mengolah udang dengan tanpa mengupas kulitnya pun, memberi manfaat baik bagi kesehatan, terutama tulang. Tapi, bolehkan dikonsumsi anak-anak?

Ilustrasi udang.

Photo :
  • Pixabay
Daftar Harga Pangan 22 April 2024: Cabai hingga Telur Ayam Naik

"Anak-anak boleh langsung makan tapi tergantung udangnya. Kalau udang kecil, permukaan kulit luar masih bisa dikunyah. Kalau kulitnya besar, bisa ganggu tenggorokan. Walau cangkangnya bagus sekali karena mengandung kalsium tinggi, jadi sebetulnya jangan dibuang semua," imbuhnya.

Dokter Putri juga mengungkapkan bahwa mengolah udang tak rumit lantaran cukup dibumbui bahan-bahan sederhana untuk memberi sedikit rasa gurih. Apalagi, memasaknya pun tak perlu lama-lama karena bisa membuat rasa daging udang menjadi alot atau terlalu kenyal.

"Cukup sampai kemerahan aja, daging tampak putih, jadi udah matang. Simpel, gampang, bergizi. Penyiapan juga gampang untuk yang sibuk," tambahnya.

Salah satu resep udang yang cocok di malam Tahun Baru adalah udang bakar madu. Namun untuk membakar udang, dokter Putri menyarankan dipanggang saja agar tidak memicu dampak kesehatan lain dari proses mengolahnya.

"Dipanggang aja, pilihan lebih sehat. Kalau dibakar, kena paparan api, bikin kerak hitam, bahaya," imbuhnya.

Udang bakar madu.

Photo :
  • U-Report

Resep udang bakar madu:

100 Gram Udang Galah
1 Butir Jeruk Nipis
3 Butir Bawang Putih Dlhaluskan
3 Sdm Saus Tomat
3 Sdm Saus Sambal
1 Sdm Kecap Manls
2 Sdm Madu
1/4 Sdt Garam
1/2 Sdm Minynk Kelapa

Cara Membuat:

Marinasi Udang Dengan Jeruk Nipis
Campur Saus Tomat, Saus Sambal,
Kecap, Madu, Bawang Putih, Garam
Satu per Satu Ditata di Tusukan Sate
Balurkan Saus Madu Dan Marinasi
Oles Pan dengan Minyak, Panaskan di Atas Kompor
Panggang Sambil Oles Bumbu Sampai Matang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya