Resep Nasi Goreng Sehat Anti Gemuk dan Kolesterol, Wajib Coba di Rumah

Ilustrasi nasi goreng
Ilustrasi nasi goreng
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Kuliner – Nasi goreng menjadi menu sarapan yang menjamur di kalangan keluarga Indonesia. Salah satu alasannya lantaran pembuatannya yang sangat simpel dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Namun, hati-hati konsumsi nasi goreng yang tidak tepat bisa membuat kadar kolesterol menjadi tinggi. Terlebih, penggunaan minyak serta isian nasi goreng yang kurang tepat serta bumbu yang berlebihan, juga bisa menjadi pemicu kolesterol tinggi. Yuk, scroll untuk informasi selengkapnya.

Lantas, bagaimana cara membuat nasi goreng yang sehat? Spesialis gizi klinik, dr. Putri Sakti, MGizi, SpGK, AIFOK dalam program Hidup Sehat tvOne, mengungkap resep dan trik membuat nasi goreng yang sehat.

Nasi Goreng Jawa

Nasi Goreng Jawa

Photo :
  • Bango.co.id

Diungkap Putri Sakti, yang perlu diperhatikan adalah jumlah nasi yang digunakan serta komposisi isian nasi goreng.

"Nasi yang porsinya sesuai kebutuhan kita itu enam sendok makan. Selain karbohidrat harus juga diimbangi dengan protein hewani, nabati, serat, vitamin dan mineral," kata dia, Rabu 4 Januari 2023. 

Lebih lanjut, untuk protein hewani, Putri menggunakan satu buah telur dan udang. Sementara untuk protein nabati menggunakan kacang polong yang diketahui kaya akan nutrisi. Untuk serat, vitamin dan mineral bisa menggunakan 100 gram sayuran warna-warni. Serta penggunaan bumbu masak yang alami sebagai antioksidan.

Halaman Selanjutnya
img_title