Mengulik Asal-usul Spaghetti, Aslinya dari Timur Tengah?

Spaghetti Bolognese.
Spaghetti Bolognese.
Sumber :
  • Pixabay/RitaE

VIVA Kuliner – Spaghetti merupakan pasta sejenis mie yang kerap disajikan dengan saus tomat dan dikenal berasal dari Italia. Namun ternyata, asal-usul makanan ini sebenarnya masih diperdebatkan.

Dilansir dari Fox News, nama Spaghetti menurut situs web restoran Mi’talia Kitchen yang berbasis di Miami, berasal dari Bahasa Italia spago yang berarti benang. 

Di sisi lain beberapa sejarawan percaya spaghetti ditemukan di Italia sementara sebagian kalangan yakin Marco Polo membawa pasta kembali ke Italia dari perjalanannya ke China. 

Spaghetti.

Spaghetti.

Photo :
  • Pixabay/Engin_Akyurt

Tapi sebuah buku baru-baru ini oleh sejarawan makanan Italia Massimo Montanari mengklaim bahwa tak satupun dari kisah asal-usul itu benar.

Dalam buku A Short History of Spaghetti with Tomato Sauce, Montanari mengungkapkan pasta sebenarnya ditemukan di Timur Tengah sekitar 10.000 hingga 12.000 tahun yang lalu. Pasta pertama adalah turunan dari roti tidak beragi yang dipotong menjadi potongan-potongan pipih. 

Berdasarkan informasi pada situs historyofspaghetti.com, di Timur Tengah, makanan yang dibuat dari adonan berbeda dengan makanan yang disantap sehari-hari di Kekaisaran Romawi Kuno. Makanan ini bernama itriyya yang sering digambarkan oleh orang Yunani sebagai ‘pasta kering’.

Halaman Selanjutnya
img_title