Saat Jauh dari Keluarga, Ternyata Ini ‘Obat Homesick' Shin Tae-Yong

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.
Sumber :
  • ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi

VIVA Kuliner – Populernya Shin Tae-yong di Indonesia sudah tak diragukan lagi. Shin Tae-yong merupakan mantan pemain sepakbola berkebangsaan Korea Selatan yang kini menjadi pelatih tim nasional Indonesia.

Fakta Mengerikan Korea Selatan U-23 Jelang Lawan Timnas Indonesia U-23

Karena kepopulerannya, dia bahkan kini digandeng brand mi instan untuk dijadikan talent dalam campaign-nya.

Nongshim sebagai brand mi instant nomor satu di Korea Selatan, di Indonesia hadir dengan nama Nongshim Farmer’s Heart yang bersertifikasi halal dari MUI. Sebagai upaya dalam meneruskan komitmen untuk memanjakan selera masyarakat, brand mi instan ini berencana untuk mengeluarkan varian baru di tahun 2022 yaitu Nongshim Bulgogi. Dan untuk memudahkan penetrasi produknya ke pasar Indonesia, dibutuhkan ide campaign yang dapat memicu percakapan/virality di masyarakat Indonesia.

Media Asing Puji Timnas Indonesia, Penuh Talenta Muda Cemerlang hingga Gol Manjakan Mata

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Photo :
  • PSSI

“Kami memilih Shin Tae-Yong sebagai talent dalam campaign ini karena beliau merupakan public figure Korea yang cukup dikenal di Indonesia sehingga bisa mewakili Nongshim Indonesia dalam berbagai aspek seperti kultur & misi brand," Jenny Liliyanty, Brand Manager PT. Sukanda Djaya lewat rilisnya.

Media Korea Selatan Soroti Sepak Terjang Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-23

Dengan perpaduan ini kami yakin cita rasa mi instan dengan citarasa Bulgogi ini bisa lebih mudah diterima oleh masyarakat Indonesia sehingga penetrasi ke pasar di Indonesia bisa lebih luas lagi. 

Brand mi instan ini menjalankan campaign untuk Nongshim Bulgogi dengan sosok Shin Tae-Yong sebagai surprise element dan representasi persona/figur untuk memvalidasi keotentikan produk ke masyarakat Indonesia. Campaign dengan berbagai marketing effort ini dilakukan secara menyeluruh di berbagai channel dan platform digital sepanjang September-November 2022; dengan melibatkan buzzer, platform social media dan publisher untuk optimisasi campaign serta diiringi dengan pemerataan distribusi produk oleh PT. Sukanda Djaya yang menjangkau banyak daerah di Indonesia.

Adapun konsep yang diambil menggunakan cultural approach, dimana perbedaan kultur (atau bahasa) seringkali menjadi hal unik yang bisa terjadi di kehidupan sehari-hari dan sering dieksplor dengan pendekatan komedi. Nongshim Indonesia mengambil peran sebagai ‘obat homesick’ bagi Shin Tae-Yong yang sangat merindukan rasa bulgogi yang asli di Indonesia.

Cerita diawali dengan sebuah video di mana Shin Tae-Yong, sebagai orang Korea yang bekerja dan tinggal di Indonesia, marah-marah karena rindu dan sulit sekali menemukan makanan dengan rasa bulgogi asli. Situasi semakin rumit dan lucu karena perbedaan bahasa dengan karakter Kang Deon. Di sinilah stimulus berjalan dengan sangat baik untuk memicu respon/percapakan dari banyak audiens.

Cerita berakhir dengan video ke-2, di mana Shin Tae-Yong akhirnya mendapatkan Nongshim Bulgogi yang asli dan membuatnya sangat bahagia hingga berjoget dengan iringan jingle Nongshim Bulgogi. Video ini merupakan bentuk konklusi dari campaign.

Dalam perjalanannya, campaign ini diamplifikasi dengan dua aktivitas, yaitu Bulgogi Dance Challenge dan Review Bulgogi Challenge untuk menjaga hype dan engagement dengan konsumen dari brand mi instan asli Korea Selatan khususnya varian bulgogi yang baru diluncurkan.

Campaign ini berjalan dengan optimal sejak hari pertama campaign dimulai. Di Instagram, video  Nongshim Bulgogi x STY mencapai 1 Juta views dalam kurun waktu 2 hari. Kemudian di Twitter, #STYKangenBulgogi menjadi trending topic dengan lebih dari 5 Ribu tweets dalam kurun waktu 1 hari. Campaign ini juga berhasil mendapatkan amplifikasi organic di lebih dari 20 media platforms dengan media value hingga lebih dari 2 Milyar Rupiah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya