Begini Asal-usul Lontong Cap Go Meh, Masakan Khas Imlek

Lontong Cap Gomeh
Lontong Cap Gomeh
Sumber :
  • VIVA.co.id/Diza Liane

VIVA Kuliner – Setelah merayakan Tahun Baru Imlek, ada satu lagi tradisi yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Tionghoa yakni, perayaan Cap Go Meh atau sering disebut sebagai festival lampion. Dalam kebudayaan Tionghoa, Cap Go Meh melambangkan hari ke-15 dan terakhir dari masa perayaan Tahun Baru Imlek.

Pada acara ini biasanya masyarakat keturunan Tionghoa biasanya berkumpul sambil menikmati berbagai masakan spesial, salah satunya adalah Lontong Cap Go Meh. Lontong Cap Gomeh adalah masakan fusi yang diadaptasi dari masakan jawa. Yang isinya terdiri dari banyak lauk pauk dan bahan yang disatukan untuk menjadi salah satu kesenangan meriah dan menyenangkan. Scroll selanjutnya ya.

Ada sejumlah versi tentang sejarah hidangan gurih ini. Salah satunya adalah karena imigran China di abad ke-14 tidak diizinkan membawa wanita bersama mereka, mereka menikahi perempuan Jawa setempat, sehingga menciptakan budaya Peranakan Tionghoa-Jawa.

Resep Lontong Cap Go Meh by @cook_27106561

Resep Lontong Cap Go Meh by @cook_27106561

Photo :
  • Cookpad @cook_27106561

Saat mereka menetap di Jawa, mereka juga menjadi terbiasa dengan masakan tradisional istri mereka. Sejak saat itu, setiap Tahun Baru Imlek, Yuanxiao tradisional (bola nasi) diganti dengan lontong, kue beras lokal yang kemudian disajikan dengan berbagai masakan Jawa.

Oleh karena itu, Lontong Cap Go Meh diyakini melambangkan asimilasi dua budaya, suasana perayaan Tahun Baru dan simbol keberuntungan, di mana bentuk memanjang dari Lontong dikatakan sebagai simbol Umur Panjang. Telur yang dimasak saat Pindang melambangkan keberuntungan dan kaldu santan kunyit yang mewakili Emas sebagai simbol kekayaan.

Dilansir dari laman Indonesia.travel, nama Lontong Cap Go Meh sendiri, memiliki sejarah yang berasal bertahun tahun, ketika Sam Po Kong, yang lebih dikenal dengan Laksamana Zheng He, yang menginjakkan kaki di Semarang di Jawa Tengah untuk pertama kalinya.

Halaman Selanjutnya
img_title