Kulineran di Kabupaten Kendal Ada Nasi Brongkos Koyor Sapi Khas Weleri

Brongkos koyor sapi khas Weleri Kendal
Sumber :
  • VIVA/ Teguh Joko Sutrisno/ Semarang

VIVA Kuliner – Berencana jalan-jalan ke Kabupaten Kendal Jawa Tengah? Jika iya, sempatkan diri nikmati kuliner khasnya ya! Sebab, di Kabupaten Kendal, ada beragam khasanah kuliner yang wajib dicicipi. Salah satunya hidangan nikmat berbahan daging sapi. Mulai dari sate, baceman atau momoh, rambak, hingga beragam hidangan berkuah.

100 Kilometer Jalan di Jateng Rusak karena Banjir, Perbaikan Dikebut hingga H-7 Lebaran

Nah, yang paling khas di Kendal, terutama di daerah bagian barat dan selatan ada brongkos koyor sapi. Kuliner ini wajib banget untuk dicoba. Hidangan ini menggunakan daging sapi bagian koyor dan kikil yang diolah dengan kuah kluwak. Salah satu warung yang menjual brongkos sapi ada di depan Pasar Weleri, Jalan Pantura Kendal. Ada beberapa warung makan yang menjual nasi brongkos di sini.

Seperti diketahui, Brongkos merupakan resep khas di Jawa Tengah. Sekilas mirip dengan menu rawon karena sama-sama menggunakan kluwak sebagai salah satu bumbu khasnya. Bedanya, brongkos menggunakan santan, sementara rawon tidak. Kuahnya berwarna kecoklatan dengan aroma rempah bersantan dan bumbu yang gurih.

Daftar Harga Pangan 28 Maret 2024: Bawang Merah, Cabai hingga Daging Sapi Naik Lagi

Isian brongkos kebanyakan adalah daging sapi bagian koyor atau otot, dan kikil atau bagian kaki dan kepala, yang teksturnya kenyal. Hidangan ini selain menggunakan kluwak juga menggunakan bumbu bawang putih, bawang merah, cabe, garam, rempah-rempah, santan, gula kelapa. 

Waduh, Polda Jateng Amankan 1.904 Pelaku Perzinahan Selama Ramadhan

Memasak brongkos butuh waktu agak lama karena harus merebus koyor dan kikil supaya empuk. Nantinya koyor dan kikil akan dimasukkan ke dalam adonan kuah bumbu dan santan yang sudah mendidih. Diaduk-aduk  sehingga bumbunya tercampur rata.

Brongkos sapi.

Photo :
  • VIVA.co.id/Teguh Joko Sutrisno.

Saat menikmati brongkos, biasanya tambah enak jika ditambah lauk pelengkap seperti tempe goreng dan rempeyek kacang.

"Ya pasnya memang dari dulu begini. Pakai tempe goreng, dan rempeyek kacang pengganti kerupuk. Brongkosnya ini yang bikin ketagihan ya koyornya, empuk dan gurih karena bumbunya meresap," kata Kumaedi, warga Weleri Kendal.

Seporsi brongkos dengan koyor dan kikil melimpah harganya Rp25 ribu. Untuk tambahan tempe maupun rempeyek masing-masih Rp1500. Jangan lupa ya, jika sedang berada di Kendal, mampir nikmati nasi brongkos. 

Laporan: Teguh Joko Sutrisno/ Semarang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya