Mau Bahan Dapur Tetap Segar Tanpa Masuk Kulkas? Ini 4 Triknya

Ilustrasi kulkas/lemari es.
Sumber :
  • freepik/bearfotos

VIVA Kuliner – Menjaga kesegaran buah dan sayur tak selalu harus dengan dimasukkan ke dalam lemari pendingin atau kulkas. Bahkan, bahan dapur lainnya bisa akan tepat segar terjaga meski dibiarkan di luar kulkas dengan suhu ruangan yang tepat serta penyimpanan yang baik. Mau tahu triknya?

Resmi Kantongi Sertifikat Halal Seumur Hidup, Manajemen Dunkin Ungkap Alasan Hilangnya Kata Donuts

Kediaman setiap keluarga akan selalu menemukan kotak bening di lemari es yang berisi sayuran dan buah-buahan. Tidak hanya itu, kita pun akan dengan mudah menemukan lebih banyak lagi bahan-bahan masakan di dapur, di atas meja makan, dan sebagainya. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

Tetapi apa yang harus dilakukan jika Anda tidak memiliki lemari es di rumah atau lemari es rusak begitu saja tanpa petunjuk sebelumnya? Ada beberapa trik yang dapat menyelamatkan untuk menjaga sayuran dan buah-buahan tetap segar dan sehat bahkan tanpa lemari es. Berikut tips yang perlu diingat dikutip laman Times of India.

Habis Lebaran Kolesterol Meningkat? Pangkas dengan 6 Sayuran Ini

Tempat Sejuk dan Kering
Sayuran seperti bawang, kentang, bawang putih, tomat cenderung kehilangan rasanya saat didinginkan. Simpan di tempat yang sejuk dan kering.

5 Buah Manis yang Berbahaya Bagi Penderita Diabetes, Apa Saja?

Simpan Terpisah
Beberapa buah seperti mangga, pisang, alpukat, kiwi, pir, plum, dan tomat, menghasilkan gas etilen saat matang. Etilena dapat mematangkan makanan sensitif etilen sebelum waktunya seperti apel, brokoli, wortel, semangka, dan sayuran hijau. Jangan pernah menyimpan ini bersama-sama karena akan mempercepat prosesnya.

Jaga Tetap Kering
Hindari mencuci buah-buahan seperti beri dan anggur sampai Anda akan memakannya. Basah akan mendorong pertumbuhan jamur. 

Lingkungan Lembap
Sayuran hijau layu dengan sangat cepat. Agar tetap segar, simpan di dalam kantong berisi sedikit udara dan tutup rapat.

Buah jeruk seperti lemon, jeruk, jeruk keprok, dan limau, bertahan lebih lama dari buah lainnya. Simpan dalam kantong plastik berlubang di tempat gelap yang sejuk agar tahan lebih lama.

Hindari membeli sayuran beku jika Anda tidak memiliki lemari es. Buah dan sayuran yang sudah didinginkan harus tetap didinginkan, atau akan cepat rusak.

Ilustrasi buah dan sayur organik

Photo :
  • Pixabay/ Larisa-K

Bicara soal bahan makanan segar, terdapat produk lebih lengkap mulai dari produk segar dengan lebih dari 200 jenis buah dan sayuran terbaik dari seluruh dunia, berbagai jenis daging dan ikan salmon segar khas Australia, roti otentik yang dipanggang setiap hari, serta berbagai produk tambahan baru dari Korea, Jepang, dan berbagai negara Asia lainnya, termasuk produk lokal kebanggaan Indonesia. Ini hadir di Hero Family-Friendly Store.

"Kali ini, Hero Supermarket berinovasi dari sisi interior gerai dan beberapa fasilitas pendukung agar setiap anggota keluarga merasa nyaman berbelanja di Hero Supermarket," ujar Direktur Hero Supermarket, Hendy.

Dari sisi interior dan fasilitas, Hero Family-Friendly Store memiliki area yang lebih luas dari Hero Supermarket lainnya, pencahayaan yang lebih baik, dilengkapi fasilitas restoran yang nyaman, kedai kopi, berbagai jajanan kaki lima, ice cream corner, dan tempat bermain untuk anak-anak. Di dalam gerai dengan konsep baru ini, juga ada gerai Guardian, ritel modern yang menyediakan berbagai produk kesehatan dan kecantikan terkemuka di Indonesia.

PT Hero Supermarket Tbk (HERO Group) mempersembahkan konsep dan tampilan baru untuk gerai Hero Supermarket di Kota Wisata, Cibubur dengan tema Hero Family-Friendly Store. Di gerai dengan konsep baru ini, Hero Supermarket juga berkolaborasi dengan unit bisnis HERO Group lainnya yaitu Guardian, untuk melengkapi kebutuhan kesehatan dan kecantikan para pelanggan.

"Dengan berada dalam satu lokasi dengan Hero Supermarket, berbelanja kebutuhan rumah dapat dilakukan bersamaan dengan berbelanja kebutuhan kesehatan dan kecantikan. Guardian Kota Wisata juga dilengkapi dengan pelayanan apotek yang menyediakan layanan gratis konsultasi dengan apoteker, pemeriksaan kesehatan, hingga menebus resep dokter," jelas Direktur Guardian Indonesia, Naresh Kalani.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya