Animo Masyarakat Internasional pada Cita Rasa Kopi Indonesia Begitu Besar

Ilustrasi kopi.
Sumber :
  • Freepik/freepik.diller

VIVA Kuliner – Ada berbagai sudut pandang dalam memaknai secangkir kopi. Bisa soal rasa, cerita di baliknya, bisa juga bagaimana kopi menjadi bagian dari keseharian masyarakat Indonesia, dari yang di kota-kota besar sampai pelosok. 

Gibran Bereskan Pekerjaan Wali Kota usai Putusan MK, Siapkan Investasi Kecerdasan Buatan

Ada yang bilang kopi menjadi penanda dimulainya hari, pemantik inspirasi atau teman seperjalanan dalam berinvestasi. Nah, bicara investasi, bagaimana cara berinvestasi sambil santai menyesap secangkir kopi? Yuk, scroll untuk mengetahuinya.

Ya, cerita di balik kopi adalah cerita tentang investasi dan nilai ekonomi yang tidak main-main. Dalam laporan Statistik Kopi Indonesia 2021 yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS), disebutkan bahwa nilai ekspor kopi Indonesia di tahun 2021 telah mencapai angka US$859 juta dengan Amerika Serikat, Mesir, Spanyol, Malaysia, dan Jepang sebagai lima besar negara tujuan ekspor. 

Bos Indodax Ungkap Langkah Krusial agar Cuan Kelola Aset Kripto

Ilustrasi biji Kopi.

Photo :
  • Pexels

Ini menunjukkan besarnya animo masyarakat internasional terhadap cita rasa kopi khas Indonesia. Dalam laporan yang sama, tampak bahwa 99,32 persen dari total produksi kopi di Indonesia dihasilkan oleh perkebunan rakyat yang terletak di Sumatera Selatan (27 persen), Lampung (15 persen), dan Sumatera Utara (10 persen), Aceh (9 persen), Bengkulu (8 persen), dan 28 provinsi lainnya (31 persen).

Arab Saudi Dirikan Maskapai Baru, Rute Riyadh-Afrika Akan Terealisasi

Melihat adanya hubungan yang kuat antara kopi dan investasi, kolaborasi bertajuk Investing for Everyday People, dibuat, yang berlangsung dari 6 Januari-31 Maret 2023. 

Selama periode ini, para pengunjung gerai Common Grounds dapat menikmati secangkir kopi dengan Bibit Latte Art di atasnya serta meresapi pesan-pesan investasi yang dibagikan. 

Head of Digital Marketing Bibit.id, Angie Anandita Tjhatra, menyampaikan, kolaborasi ini merupakan sebuah pengingat kepada masyarakat bahwa layaknya kopi, investasi adalah bagian dari kehidupan dan gaya hidup kita sehari-hari.

“Semudah menyeruput kopi, berinvestasi di Bibit sangatlah mudah, cepat, dan sederhana. Masyarakat pun bisa tidur nyenyak karena sebagai aplikasi investasi yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Kami mengajak masyarakat untuk berinvestasi demi mencapai tujuan-tujuan keuangan,” kata Angie, dalam keterangannya, Senin 13 Maret 2023. 

Lebih lanjut Angie mengajak masyarakat untuk berinvestasi secara konsisten dan dalam jangka panjang, karena metode ini terbukti memberikan hasil yang optimal serta membantu investor mencapai masa depan keuangan yang lebih baik. 

"Tapi di saat yang sama, kami juga berharap agar masyarakat dapat tetap menikmati cita rasa kopi sesuai selera mereka tanpa merasa bersalah atau khawatir keuangan atau investasi mereka akan terganggu," tuturnya. 

"Pada akhirnya, lewat kolaborasi ini kami berharap agar masyarakat Indonesia dapat memiliki budaya sadar investasi serta selalu ingat bahwa investasi itu adalah bagian dari kehidupan sehari-hari,” tutup Angie.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya