Gugah Selera, Ini Sederet Menu Buka Puasa Nusantara yang Wajib Kamu Cicipi

gurita bakar penyet
Sumber :
  • VIVA/Agus Setiawan

VIVA Kuliner – Momen berbuka puasa di bulan suci Ramadhan adalah salah satu momen yang membahagiakan. Bagaimana tidak, ini menjadi salah satu momen yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga tercinta dan orang terdekat. 

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Berbuka puasa tidak hanya sekadar asal kenyang saja, tapi juga harus memperhatikan asupan gizi yang pas agar kondisi tubuh tetap terjaga.

Berbicara soal menu buka puasa, ada menu baru di Maple & Oak yang bisa kamu cicipi untuk buka puasa. Sebab, ada menu baru yaitu masakan nusantara. Diketahui bahwa restoran tersebut selama ini hanya menyajikan Australian brunch.

Meninggalnya Babe Cabita Ternyata Bikin Para Sahabat Iri, Kok Bisa?

Direktur Manager Maple & Oak, Riva Lauritz mengatakan pihaknya memang sudah lama ingin menambah menu yang identik dengan kuliner Indonesia. Ini menjadi momen yang pas untuk launching menu baru yang berkonsep Nusantara tersebut.

“Selama ini, kami hanya ada 3 menu Indonesia. Kebetulan momennya tepat dengan bulan Ramadhan, dan respons pengunjung juga sangat baik, sekarang kami meluncurkan 7 menu tambahan,” ujar Riva saat ditemui awak media, Selasa, 21 Maret 2023. 

Fourtwnty Tutup Jakarta Lebaran Fair dengan Manis 

Menu Nusantara menggugah selera

 gurita bakar penyet, Maple & Oak

gurita bakar penyet, Maple & Oak

Photo :
  • VIVA/Agus Setiawan

Menu baru yang tersaji ini sangat memanjakan lidah. Selain enak, tentu ini memiliki asupan gizi yang cukup untuk mengembalikan energi usai berpuasa.

Restoran ini menyajikan menu unik yaitu gurita bakar penyet. Proses pengolahan menu ini terbilang cukup lama karena memakan waktu lebih dari sembilan jam untuk membuat tekstur gurita menjadi lebih empuk. Gurita penyet bakar ini disajikan bersama lalapan, sambal terasi, emping, dan nasi putih. 

barramundi gulai kecombrang

Photo :
  • VIVA/Agus Setiawan

Menu selanjutnya ada barramundi gulai kecombrang. Makanan ini diolah menggunakan ikan kakap putih yang disajikan dengan saus gulai terpisah dan juga nasi putih. Rasanya yang gurih, dan tekstur daging yang lembut, dijamin membuat ketagihan. Apalagi ada bawang merah utuh yang bisa dimakan.

salmon massaman curry

Photo :
  • VIVA/Agus Setiawan

Masih seputar olahan ikan, kamu juga bisa menikmati sajian salmon massaman curry. Sesuai dengan namanya, bahan utama menu ini terbuat dari ikan salmon yang diolah menggunakan bumbu kari.

beef ribs rempah ketjap

Photo :
  • VIVA/Agus Setiawan

Lalu ada olahan beef ribs rempah ketjap untuk kamu yang menyukai olahan daging sapi. Bahan dasar menu ini terdiri dari iga sapi yang diolah dengan modifikasi bumbu ala sate maranggi, dan disajikan dengan sambal matah serta sejumlah potongan sayuran seperti acar timur dan wortel. 

Mie Celor, Maple & Oak

Mie Celor, Maple & Oak

Photo :
  • VIVA/Agus Setiawan

Restoran ini juga menyajikan mie celor yang nikmat. Sajian mie celor ini diolah dengan kaldu udang ala western. Rasa gurihnya berpadu sempurna dengan tekstur mie yang kenyal dan lembut.

nasi campur bebek sambal sumsum

Photo :
  • VIVA/Agus Setiawan

Untuk menu makanan utama yang terakhir yaitu ada olahan nasi campur bebek sambal sumsum. Ini menjadi salah satu menu yang sangat dinantikan, karena proses pengolahannya yang cukup kompleks sehingga menghasilkan cita rasa yang lezat. 

“Menu ini dimasak diminyak dengan suhu tertentu melalui teknik slow cooking. Jadi masaknya dengan lemak bebek itu sendiri, tekstur jadi lebih empuk dan bumbunya meresap,” ujar Chef Adlar selaku Executive Chef Maple & Oak.

Setelah itu daging bebek akan disajikan dengan sambal yang diracik menggunakan campuran sumsum tulang dan sambal embek khas Bali. Sangat pas bagi pencinta makanan pedas! 

Dessert 

sticky dates pudding

Photo :
  • VIVA/Agus Setiawan

Sebagai penutup atau dessert, ada sajian sticky dates pudding. Makanan penutup ini berbahan dasar kurma yang disajikan dengan es krim vanilla, fla, dan gula aren. Rasa manisnya yang pas dan tidak berlebihan, sangat cocok untuk dijadikan sebagai hidangan penutup. 

Nah, buat kamu yang mau menikmati promo bulan Ramadhan bertajuk ‘Break The Fast With Us’ ala Maple & Oak ini, terdapat paket buka puasa yang dibanderol seharga Rp799 ribu untuk empat orang (empat masakan, takjil, es teh, dua dessert). 

Untuk paket delapan orang dibanderol seharga Rp1,49 juta untuk delapan masakan, takjil, es teh, dan empat dessert. Sementara untuk ala carte dibanderol seharga Rp140 ribu - Rp260 ribu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya