Tahu Petis, Kuliner Khas Semarang Buat Kudapan Nikmat Berbuka Puasa

Tahu petis
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dody Handoko

VIVA Kuliner – Dari sekian banyak jajanan di Kota Semarang, tahu petis menjadi salah satu kuliner khas legendaris di kota ini. Di bulan Ramadhan, tahu petis jadi kudapan favorit warga Semarang untuk buka puasa. Petisnya yang gurih dengan aroma dan rasa udang, membuat camilan ini menjadi hidangan yang lebih istimewa.

Fourtwnty Tutup Jakarta Lebaran Fair dengan Manis 

Petis merupakan produk sampingan dari pengolahan udang. Ini jadi salah satu bahan bumbu pada masakan khas pesisir seperti Kota Semarang. Rasa udangnya cocok untuk campuran bumbu rujak, sayuran kangkung, bumbu kuah, dan cocolan. Kuliner khas Semarang yang memakai petis antara lain petis kangkung, tahu gimbal, tahu pong, dan tahu petis. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

Sebagai jajanan favorit, tahu petis mudah dijumpai di berbagai sudut Kota Semarang. Setiap penjual gorengan hampir pasti menjual tahu petis dengan masing-masing punya ukuran sesuai konsumen yang dituju. Untuk pasar mahasiswa pasti lebih murah dibanding pasar umumnya apalagi pasar di tempat wisata.

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Nah, di bulan Ramadhan ini, tahu petis banyak dijual di pasar-pasar khusus takjil yang menjamur di Kota Semarang. Salah satunya di Alun-Alun Semarang. Ada beberapa penjual tahu petis di sini, baik di pasar khusus Ramadhan maupun di sekitar Kampung Kauman.

4 Potret Adem Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri setelah Mualaf

Tahu petis dibuat dari tahu putih tawar yang lebar. Satu biji tahu diiris tipis jadi dua bagian. Lalu digoreng sampai kecokelatan tapi tidak gosong. Tahu yang matang kemudian diiris pada bagian sisinya untuk memasukkan saus petis ke dalam tahu.

Tapi sebelum itu, petis mesti diolah dulu menjadi saus, tidak bisa petis murni langsung dimakan. Mengolahnya dengan mencampur sebagian petis dengan tepung ketan, air, bumbu bawang dan garam. Kemudian dimasak hingga mendidih dan didiamkan sampai dingin.

"Ini kalau saya yang enak tahu yang tawar, karena nanti kan dapat rasanya dari petis. Pas digigit itu petisnya meleleh di lidah, wah enak itu. Trus habis itu nyeplus cabai rawit hijau, seger mas," ungkap Didit, penggemar tahu petis.

Rata-rata harga tahu petis di Semarang antara Rp1.000 hingga Rp3.000 sesuai ukuran dan isi petisnya. Biasanya orang-orang membeli sepaket isi 10. Ada juga yang beli borongan untuk berbuka puasa bersama gorengan lain seperti mendoan, pisang goreng, bakwan, singkong goreng, dan lain-lain.

Laporan: Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya