Ini Cara Pilih Daging Sapi yang Sehat untuk Sajian Lebaran

Ilustrasi daging
Sumber :
  • cookist

VIVA Lifestyle – Jelang Idul Fitri 1444H, sejumlah umat muslim di seluruh dunia sudah mulai mempersiapkan berbagai hal. Mulai dari dekorasi rumah untuk menyambut tamu, kue kering, hingga yang tak boleh dilewatkan adalah sajian masakan khas lebaran.

Mendag Zulhas Sebut Kenaikan Harga Bawang Merah Akibat Banyak Pedagang Belum Mulai Berjualan

Berbicara mengenai sajian lebaran, berbagai olahan daging sapi seperti rendang, gulai sapi, dendeng hingga empal tak boleh terlewatkan. Daging merah mengandung banyak nutrisi penting, termasuk protein, vitamin B12, dan zat besi. Scroll lebih lanjut ya.

Namun jika konsumsi daging merah terlalu berlebihan juga bisa menyebabkan sejumlah masalah kesehatan. Terutama jika diolah dengan cara yang kurang tepat. Banyak penelitian menunjukkan bahwa makan daging merah terlalu banyak dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Hal ini lantaran kandungan lemak jenuh yang ada di dalamnya.

Daftar Harga Pangan 24 April 2024: Beras hingga Gula Konsumsi Naik

Konsumsi lemak jenuh dalam jumlah tinggi dan lemak trans dalam jumlah berapapun dapat meningkatkan kadar kolesterol. Lalu, pada akhirnya meningkatkan risiko penyakit jantung.

Akan Ada 2 HP Baru yang Meluncur Abis Lebaran

Spesialis penyakit dalam, dr. Pringgodo Nugroho, Sp.PD-KGH menjelaskan bahwa masyarakat tetap bisa konsumsi daging merah namun tidak berlebihan.

"Bukan dihindari tapi dibatasi, daging merah mengandung kandungan lemak jenuh. Dibatasi dipilih mungkin daging merah tak banyak lemak dan jumlahnya," katanya dalam program Hidup Sehat TvOne, Selasa 18 April 2023.

Sementara itu, spesialis gizi dan klinik, dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK menjelaskan beberapa tips cara sehat memilih daging untuk hidangan lebaran.

Ilustrasi memasak daging/daging merah.

Photo :
  • Pixabay/agamaszota

Untuk memilih daging sapi yang segar, perhatikan warna dari daging sapi. Daging sapi yang segar akan memiliki warna merah cerah atau merah segar.

"Hindari warna pucat, itu tidak segar," ucapnya.

Selain itu, perhatikan aroma daging. Aroma daging sapi segar memiliki aroma yang khas. Sementara daging sapi yang berkualitas jelek akan memiliki bau busuk. Kemudian perhatikan struktur daging sapi. Dijelaskan Juwalita daging sapi segar jika ditekan dagingnya akan kembali seperti semula dalam waktu yang sedikit lama.

Ilustrasi daging.

Photo :
  • Pixabay/Meditations

Kemudian untuk memilih daging sapi yang sehat, pilihlah bagian daging sapi bagian paha atau khas dalam karena dua jenis ini memiliki kandungan lemak yang rendah.

"Kalau dibuat rendang atau semur tetap enak akan lebih lembut dan tidak pecah saat diolah," ujarnya.

Penting juga kata dia untuk tetap mengonsumsi sayur dan buah.

"Hari raya makan santan daging lengkapi dengan makan sayur dan buah yang tetap cukup, serat terpenuhi hindari makan makanan lemak jenuh," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya