Doyan yang Strong, Begini Cara Lukman Sardi Tetap Bisa Nikmati Kopi Meski Punya Masalah Lambung

Lukman Sardi, Gundala
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Kuliner – Aktor Lukman Sardi mengaku sangat menyukai kopi. Bintang film Di Balik 98 itu bercerita, dia hampir tidak pernah melewatkan hari tanpa menyesap secangkir kafein. Soal rasa, pecinta kopi sejati ini lebih suka kopi strong, yang tidak dicampur apa-apa. 

Terungkap, Lebih dari 400 Ekor Ular Dikerahkan di Prosesi Syuting Film Badarawuhi

"Kopi enak buat aku tentunya harus strong, rasa kopinya harus kuat banget, antara paitnya, kadang-kadang kopi ada rasa spicy walaupun tidak mendominasi. Tapi dengan rasa kopi yang kuat, bikin aku tiap pagi kaya 'oke yuk kita ngapain'. Kaya semangat dan segala macem," ujar Lukman ditemui saat pembukaan Butik Nespresso di PIK Avenue, Jakarta Utara, baru-baru ini. Yuk, scroll untuk tahu cerita lengkapnya.

Bukan kopi dingin, Lukman mengaku lebih menyukai kopi panas dan yang terpenting tanpa tambahan gula. 

11 Rekomendasi Coffee Shop untuk Kerja di Jakarta Selatan

"Bener-bener black coffee, medium ke strong, spicy, kadang-kadang perlu sedikit yang aroma cokelat," imbuhnya. 

Mejeng di Pameran Kopi Terbesar di Amerika, Produk Lampung dan Bajawa Bidik Pasar Gobal

Meski mengaku gemar minum kopi, Lukman membatasi dalam satu hari hanya minum dua cangkir kopi, agar tak berlebihan dan tidak menimbulkan masalah bagi kesehatannya. Dia pun menghindari minum kopi di malam hari, agar lebih nyenyak saat tidur malam. 

"Rutin (setiap hari), udah kaya ritual aja. Udah pasti tiap hari ngopi kaya udah jadi bagian dari hidup aku. Karena gini, bukan hanya ngomongin aku pecinta kopi. Aku pernah baca, kopi juga sesuatu yang bisa bikin kita sehat, selama dikonsumsi tidak berlebihan. Makanya aku jaga itu banget. Pagi, siang, atau paling banyak tiga kali," ungkapnya. 

Mengakui rutin minum kopi setiap hari, siapa sangka, bapak tiga anak itu ternyata punya masalah lambung. Lalu, bagaimana trik Lukman Sardi agar tetap bisa menikmati kopi setiap hari tanpa harus merasakan sakit di lambung? 

"Aku orang yang punya masalah dengan lambung, tapi ternyata kopi itu selama dikonsumsi dengan tidak berlebihan, gak bermasalah dengan lambung aku. Mungkin yang kadang-kadang bermasalah pada saat memang berlebihan aja, karena kafein. Apalagi kan zaman sekarang Nespresso (mesin kopi) juga ada yang kafeinnya cuma satu persen. Itu bisa bikin kita gak bermasalah dengan lambung," paparnya. 

Menurut Lukman, orang-orang yang tidak cocok atau tidak kuat minum kopi, karena jenis kopi tertentu punya kandungan asam yang terlalu tinggi. Di mana asam berpengaruh pada orang yang punya masalah dengan asam lambung. 

Lebih lanjut Lukman bercerita, saking sudah terbiasa minum kopi, dia merasa ada yang kurang jika seharian belum menyeruputnya. Namun, aktor 51 tahun itu menegaskan, bukan berarti jika tidak minum kopi, mood-nya akan berantakan. 

Lukman Sardi (kiri).

Photo :
  • Nespresso.

"Kaya ada yang kurang aja, bukan yang akhirnya bikin mood berantakan sih gak. Cuma kaya 'oh tadi pagi belum ngopi'. Ngantuk sebenernya gak juga, apalagi aku orangnya kalo udah kerja, fokus-fokus aja. Jadi gak ada tiba-tiba kalo gak ngopi jadi ngantuk atau cranky. Cuma memang gak tau kenapa, kopi itu buat aku punya mood yang semangat aja," tukasnya. 

Saking sukanya dengan kopi murni, sang aktor bahkan telaten membuat kopi sendiri di rumah untuk dibawa ke lokasi syuting atau tempatnya beraktivitas. 

"Biasanya aku bikin di rumah aku masukin termos. Karena bukannya gimana-gimana, ada kopi-kopi yang menurut aku bukan pure kopi. Kadang-kadang, aku punya kopi-kopi pilihan yang masih biji, aku grinder sendiri aja," tukas Lukman Sardi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya