Pandemi Mereda, Bisnis Kuliner Mulai Menjamur Lagi

Ilustrasi bisnis kuliner.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Kuliner – Sejak berakhirnya pandemi COVID-19 dan masyarakat bisa kembali beraktivitas seperti sedia kala, bisnis kuliner mulai merangkak naik dan kembali bangkit terutama dalam skala Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Kementerian Perindustrian mencatat bisnis kuliner mengalami kenaikan sebanyak 3,68 persen sepanjang tahun 2022 di mana sebelumnya hanya melonjak sebanyak 2,95 persen pada 2021.

Ribuan Produk Kerajinan RI Bakal Banjiri Pasar Kanada

Pelaku UMKM kuliner pun mulai menjamur di berbagai daerah di seluruh Tanah Air. Bisnis yang satu ini memang terbilang cukup mudah untuk dimulai namun perlu kesiapan yang matang dari berbagai aspek seperti urusan administrasi hingga penjualan agar tidak mudah mengalami kegagalan.

"Bisnis kuliner paling gampang dibuka, tapi paling gampang ditutup juga," kata COO & Co-Founder PT Esensi Solusi Buana (ESB) Eka Prasetya, dalam acara ESB X Foodizz F&B National Roadshow Kelas Scale Up Bisnis Kuliner Juara Lokal, di Jakarta, Selasa 23 Mei 2023.

Pariwisata Hijau dan Berkelanjutan Bakal Jadi Fokus Kemenparekraf
ESB X Foodizz F&B National Roadshow Kelas Scale Up Bisnis Kuliner Juara Lokal.

ESB X Foodizz F&B National Roadshow Kelas Scale Up Bisnis Kuliner Juara Lokal.

Photo :
  • Istimewa

Sebagai upaya meningkatkan peluang bisnis terutama dalam bidang kuliner, digitalisasi saat ini berperan sangat penting. Kecanggihan teknologi dapat membantu meminimalisasikan biaya pengelolaan manual mulai dari pembayaran, penyediaan stok bahan, pengelolaan merek, hingga sumber daya manusia. Dengan begitu, segala keperluan administrasi sebuah perusahaan bisa dirangkum dengan rapi dan menghindari kecurangan data.

Berkembang Pesat, Modest Fashion Indonesia Sudah Pantas Jadi Kiblat Fesyen Dunia?

Oleh karena itu, ESB berkolaborasi dengan Foodizz Academy menjalankan sebuah roadshow yang bertajuk F&B National Roadshow Scale Up Bisnis Kuliner Juara Lokal yang berlangsung mulai bulan Maret hingga Agustus 2023. Roadshow ini dapat diikuti secara gratis oleh para pebisnis kuliner lokal di kota Jakarta, Surabaya, Semarang, dan Bali.

“F&B National Roadshow Scale Up Bisnis Kuliner Juara Lokal adalah salah satu komitmen dari ESB dengan menggandeng Foodizz Academy untuk mendukung perkembangan bisnis kuliner lokal. Khususnya di Jakarta, Surabaya, Semarang, dan Bali sebagai kota-kota besar yang potensi bisnisnya terus meningkat seiring pulihnya perekonomian pasca pandemi”, ujar CEO dan Co-Founder ESB, Gunawan.

Materi dalam kelas roadshow akan membahas berbagai hal terkait scale up bisnis F&B. Contohnya seperti menentukan bisnis model yang tepat untuk scale up atau ekspansi bisnis F&B. Selain itu, bagaimana memahami skema bisnis kuliner dalam bentuk kemitraan atau franchise, melakukan perencanaan bisnis dan manajemen keuangan yang detail dalam proses scale up, hingga memahami peranan dan adopsi teknologi dalam mengembangkan bisnis untuk menjaga profitabilitas.

Lebih lanjut, terdapat tiga materi utama yang diberikan kepada peserta. Materi pertama yaitu Scale Up & Expansion Business Model. Materi ini menjelaskan mengenai critical point dalam proses Scale Up Business dan Expansion Business Model, agar para pebisnis kuliner dapat menjaga usahanya untuk tetap sustain dan berkembang.

Materi yang kedua adalah, Tech-enable for Profitability & Growth. Materi ini membahas mengenai teknologi apa saja yang digunakan perusahaan-perusahaan besar yang sudah memiliki banyak cabang dan dapat dijadikan contoh saat melakukan scale up nantinya. Kemudian materi yang ketiga yaitu, Fundamental for Scale Up Company yaitu untuk mengetahui Business Plan serta Financial Model yang ada dalam Scale Up Company.

ESB X Foodizz F&B National Roadshow Kelas Scale Up Bisnis Kuliner Juara Lokal.

ESB X Foodizz F&B National Roadshow Kelas Scale Up Bisnis Kuliner Juara Lokal.

Photo :
  • Istimewa

Roadshow ini telah berlangsung mulai dari Maret lalu, tepatnya di kota Jakarta pada 13-14 Maret 2023. Sedangkan yang terdekat akan diadakan di kota Surabaya pada 30-31 Mei 2023. Selanjutnya kota Semarang akan digelar pada 17-18 Juli 2023 dan Bali pada 29-30 Agustus 2023.

Antusiasme peserta terlihat dari jumlah pebisnis kuliner yang telah mendaftar. Sejauh ini total terdapat 1.994 pendaftar yang berasal dari semua kota tempat diadakannya roadshow. Sedangkan pada penyelenggaraan di kota Jakarta kemarin, total 660 orang pebisnis hadir mengikuti kelas secara online dan offline.

“Kami berharap roadshow ini dapat memperkuat bisnis para pengusaha kuliner lokal sehingga membantu bangkitnya perekonomian lokal khususnya di bidang kuliner”, ujar Gunawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya