McDonalds Bocorkan Resep Rahasia Bikin Ayam Goreng Krispi, Ternyata Bukan Tepungnya

Ilustrasi ayam goreng.
Sumber :
  • Pexels/Mounir Salah

VIVA Kuliner – Ayam goreng krispi dari salah satu gerai makanan cepat saji, McDonalds menjadi salah satu ayam krispi yang populer di masyarakat tanah air. Tekstur luar ayam yang renyah dan bagian dalam daging ayam yang juicy menjadi favorit banyak orang.

Daftar Harga Pangan 13 Mei 2024: Bawang, Daging, hingga Gula Konsumsi Naik

Tidak sedikit dari masyarakat yang penasaran dengan resep ayam mereka. Saking penasarannya, akhirnya pihak gerai restoran cepat saji itu membocorkan resep rahasia mereka. Yuk, scroll untuk mengetahuinya.

Associate Director of Marketing McDonald’s Indonesia, Caroline Kurniadjaja, menjelaskan bahwa rahasia utama menghasilkan ayam krispi itu bermula dari bahan bakunya yakni ayam. 

Daftar Harga Pangan 10 Mei 2024: Bawang Putih hingga Telur Ayam Naik

"Kami gunakan ayam berkualitas tinggi dan semua sudah diaudit. Ketika diantarkan ke gerai pun punya prosedur spesifik, kemudian cara pembuatan ayamnya semuanya sama. Makanya bisa menghasilkan rasa yang konsisten di semua gerai kami," kata dia saat ditemui awak media di McDonald's Salemba Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Milk Bun Viral Thailand Tanpa Mixer Sekali Jadi! Resep Rahasia Tasyi Athasyia Terungkap!

Sementara itu, Quality Assurance Manager of McDonald’s Indonesia, Imam Gazali menjelaskan bahwa semua pemasok ayam mereka telah menerapkan standarisasi keamanan hayati atau biosecurity agar memenuhi kriteria keamanan pangan atau food safety, dan yang terpenting adalah memenuhi persyaratan halal. 

"Dimulai dari peternakan kami menerapkan aturan bio security, misalnya mobil yang masuk harus didisinfektan. Orang yang datang juga harus mandi dan melepas semua pakaiannya dan menggunakan pakaian yang disediakan di sana," jelas dia.

Selain itu, saat proses pemotongan ayam juga diberikan perlakukan khusus. Mulai dari ayam yang diistirahatkan terlebih dahulu, tidak boleh didekatkan dengan banyak ayam lainnya lantaran bisa menyebabkan stres. Ketika ayam stres, bisa membuat asam laktat pada ayam meningkat yang berujung pada daging ayam yang keras. 

Untuk pemotongan pihaknya juga harus sesuai syariat Islam sehingga terjamin halal.

"Pemotongan halal itu ada tiga syarat, putus saluran napas, putus saluran darah dan putus saluran makanan. Salah satu syarat pemotongannya tidak tepat bisa sebabkan bleeding, ada darah di daging yang sebabakan daging menjadi rusak," jelas dia. 

Ilustrasi ayam goreng.

Photo :
  • Pexels/Tim Samuel

Sementara itu, untuk resep pembuatan ayam menjadi renyah dan juicy adalah sebagai berikut.

1. Proses persiapan dimulai dengan merendam ayam di air dingin bersuhu 1-4 derajat celcius. Suhu dan durasi perendaman perlu diperhatikan karena akan berpengaruh terhadap tekstur tepung bumbu pada saat penggorengan.

2. Penepungan dilakukan dengan memijat ayam dengan tepung bumbu sebanyak dua kali. Proses ini harus memerhatikan teknik menepiskan tepung bumbu untuk memastikan tekstur yang krispi

3. Pada proses penggorengan, ayam disusun di keranjang penggorengan agar seluruh potongan dan bagian ayam dapat matang dengan sempurna. Ayam digoreng dengan minyak berkualitas yang sudah memiliki sertifikat Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) dengan cara yang presisi.

4. Ayam goreng disimpan di tempat bersuhu 82 derajat celcius untuk menjaga ayam goreng agar tetap renyah, gurih, dan hangat saat disajikan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya