Alasan Daging Kambing Bau Prengus dan Cara Menghilangkannya

Makan daging kambing.
Sumber :
  • U-Report

Jakarta – Bau prengus menjadi masalah yang sering dihadapi saat hendak mengonsumsi daging kambing. Bau prengus pada kambing tersebut mungkin dapat membuat seseorang tidak nyaman untuk memakannya. Maka dari itu, biasanya orang memasaknya dengan banyak rempah agar bau prengusnya hilang. 

5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

Prengus yang muncul rupanya berasal dari apa yang dimakan oleh kambing itu sendiri. Sehingga bau prengus yang muncul biasanya tergantung dari makanan yang dimakan kambing. Jadi, bau prengus pada daging kambing tergantung dari pakan yang dimakan. 

Executive Chef Aprez Cafe, Stefu Santoso

Photo :
  • VIVA/Trisya Frida
Daftar Harga Pangan 25 April 2024: Bawang Merah hingga Daging Sapi Naik

“Karena prengus itu sebenernya berasal dari makanan, apa yang dia (kambing) makan. Jadi itu memang sudah tidak bisa karena memang sudah pakannya, dia kan makan rumput lah makan apa yang ada kita gak tahu apa yang dimakan. Jadi makanan itu yang sebenernya akan membuat dia baunya seperti apa,” ujar Executive Chef Aprez Cafe, Stefu Santoso saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan pada Kamis, 15 Juni 2023. 

Selain makanan yang dimakan, usia kambing juga mempengaruhi bau prengus tersebut. Semakin tua usianya, maka akan semakin kuat bau prengus yang dikeluarkan. Sementara, semakin muda kambing, maka baunya akan semakin berkurang. Hal itu lantaran kambing yang masih muda makannya belum terlalu banyak dan tidak terlalu bervariasi seperti yang usianya sudah tua. 

Daftar Harga Pangan 23 April 2024: Daging Sapi hingga Telur Ayam Turun

“Kemudian usia juga (mempengaruhi), makin tua baunya makin kuat. Justru semakin muda baunya semakin berkurang, kenapa? Karena waktu muda dia kan makanannya gak terlalu banyak yang dia makan,” ujar Chef Stefu lagi.  

Cara menghilangkan bau prengus

Ilustrasi daging kambing.

Photo :
  • Pixabay/mp1746

Mungkin kamu bertanya-tanya lantas bagaimana cara menghilangkan bau prengus pada daging kambing? Caranya adalah dengan melakukan teknik blanching, memasak daging di dalam air dengan waktu singkat atau dibakar terlebih dahulu sebelum dimasak. Selain itu, bisa juga diakali dengan menggunakan banyak rempah-rempah saat memasak agar bau prengusnya hilang. 

“Jadi satu-satunya cara kalo orang mau menghilangkan bau itu ya di blanching atau dibakar dulu baru dimasak, masaknya dengan menggunakan banyak rempah,” tandas Chef Stefu. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya