Tips Memilih Daging Sapi Berkualitas untuk Dimasak Jadi Steak

ilustrasi daging sapi.
Sumber :
  • Pixabay/Gurkanerol

Jakarta – Steak menjadi salah satu hidangan yang populer dan disukai oleh banyak orang di seluruh dunia. Namun, untuk mencapai hasil yang sempurna, memasak daging steak memerlukan pengetahuan tentang pemilihan daging dan teknik yang tepat. 

Main Series Bareng Nicholas Saputra, Lee Sang Heon Jadi Bisa Masak Orek Tempe

Pada kali ini akan dibahas bagaimana cara memilih daging yang tepat untuk dimasak sebagai steak. Executive Chef Aprez Cafe, Stefu Santoso menyarankan agar melihat merek selain memilih bagian daging yang diinginkan seperti sirloin atau tenderloin.  Karena menurutnya merek pada daging mempengaruhi kualitasnya. 

Ilustrasi daging babi

Photo :
  • Pixabay/ RitaE
Siap-Siap Baper, Nicholas Saputra Terjebak Cinta Segitiga dengan Aktris Filipina dan Aktor Korea

“Kalau saya pasti akan melihat dari sisi brand. Merek itu akan mempengaruhi (kualitas),” kata Chef Stefu di sela-sela acara Kick-off Aussie Beef Mates di Raffles, Jakarta Selatan pada Kamis malam, 15 Juni 2023. 

“Daging itu tingkat keempukannya, kualitas jusnya semua beda kenapa karena bibitnya untuk brand tersebut itu sangat berbeda,” katanya lagi menjelaskan. 

5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

Tak perlu khawatir juga untuk memilih daging sapi impor, khususnya yang berasal dari Australia karena sudah dipastikan halal. Daging sapi dari New South Wales (NSW) Australia dipastikan oleh Chief Representative Indonesia International Markets Christian Haryanto sudah halal karena melewati proses yang sesuai dengan syariat Islam.

“Daging sapi Australi yang sampai ke sini (Indonesia) itu semuanya sudah halal,” ucap Christian Haryanto. 

Selain di Australia juga cukup banyak Muslim yang tinggal di sana, semua proses juga diperhatikan untuk memenuhi syariat Islam seperti memotong sapi menghadap kiblat. Sehingga sudah mendapatkan sertifikat halal untuk diimpor ke Indonesia. 

“Kalo yang ke Indonesia udah pasti halal karena gak boleh pada saat masuk ke Indonesia kan ada surat-surat dari pemerintah yang harus lengkap,” sambungnya. 

Lima chef di Aussie Beef Mates Jakarta

Photo :
  • VIVA/Trisya Frida

Sementara itu, Aussie Beef Mates sendiri merupakan program global hasil kolaborasi antara Meat and Livestock Australia (MLA) dan negara bagian Australia New South Wales (NSW) untuk memperkenalkan kualitas daging sapi NSW kepada masyarakat Indonesia. 

Program ini melibatkan lima orang chef profesional untuk menyajikan daging sapi NSW. Para chef tersebut di antaranya adalah Head Chef Toma Brasserie and Bar Kartika Chandra, Executive Chef Aprez Cafe Stefu Santoso, Chef Owner Silk Bistro Freddie Salim, Executive Sous Chef Raffles Jakarta Muhammad Maliki yang berkolaborasi dengan Executive Sous Chef Arts Cafe Raffles Jakarta Lukman Hakim, serta Chef Tucanos Brazilian BBQ Rahmatullah Awaludin.

Dengan program Aussie Beef Mates ini, kelima chef tersebut akan menciptakan hidangan yang mereka kreasikan masing-masing dari daging sapi NSW. Kemudian daging sapi NSW akan dipromosikan melalui hidangan yang mereka buat dan tersedia selama periode 15 hingga 30 Juni 2023. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya