Perlukah Mencuci Daging Sebelum Disimpan? Begini Kata Dokter

Ilustrasi daging.
Sumber :
  • Pixabay/Meditations

JAKARTA – Setiap perayaan Hari Raya Idul Adha akan dilaksanakan penyembelihan hewan kurban berupa kambing atau sapi. Di momen ini, daging kurban ini akan dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan di sekitar masjid. 

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Lantaran banyaknya daging yang didapatkan, umumnya tidak semua daging akan langsung diolah. Sisa daging akan disimpan di dalam lemari es agar awet dan tidak cepat membusuk.

Ilustrasi daging

Photo :
  • cookist
Keberadaan Astronot Terancam, Hal Mengerikan Ini Muncul di Luar Angkasa

Dalam menyimpan daging kurban terkadang masih banyak orang yang bingung perlukah kita membersihkannya terlebih dahulu sebelum disimpan dan dimasukkan ke dalam freezer. Spesialis gizi klinik, dr. Putri Sakti, MGizi, SpGK, AIFOK menjelaskan bahwa daging tidak boleh dicuci. 

"Kalau daging, semua daging kalau cuci air mengalir otomatis paparan bakteri tinggi. Apalagi kalau kita biasanya mencuci daging di tempat cuci piring, bakterinya tinggi sekali," kata dia dalam program Hidup Sehat tvOne, Senin 26 Juni 2023.

5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

Putri menambahkan bahwa untuk menyimpan daging merah bisa langsung memasukkannya ke freezer tanpa harus mencucinya terlebih dahulu.

"Yang kurang dianjurkan adalah kalau kita cuci dulu, kalau misalkan mau diolah seminggu lagi masukkin ke freezer saja nanti kalau mau diolah baru marinasi," kata dia. 

"Atau kalau mau dimasak hari ini atau besok dimarinasi hari ini kemudian ditutup di wadah kedap udara agar tidak terpapar bakteri dari isi kulkas lainnya," tambahnya.

Jika ingin mengonsumsi daging merah baik sapi atau kambing pada Idul Adha, ada beberapa tips sehat yang bisa dicoba di rumah dari Putri Sakti.

Ilustrasi daging merah.

Photo :
  • Pixabay/joon2079

1. Pastikan ketika mengonsumsi daging merah pilih daging yang rendah lemak.

2. Pastikan frekuensi konsumsinya tidak berlebih. Bisa gunakan telapak tangan sebagai ukuran untuk satu porsi konsumsi daging merah.

3. Pengolahan tidak boleh yang tinggi lemak, misalnya bisa olah dengan cara di sup seperti sop iga dan hindari penggunaan santan dalam pengolahan daging merah lantaran bisa meningkatkan risiko hipertensi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya