Mengenal Minuman Tequila Terbaik Langsung dari Ahlinya

Tequila.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Tequila menjadi salah satu jenis minuman beralkohol yang terkenal dan berasal dari negara Meksiko. Minuman ini dibuat dari hasil fermentasi dan distilasi jus agave biru, yang dikenal sebagai tequila agave atau tequilana Weber. Agave biru adalah tanaman kaktus yang tumbuh di daerah tertentu di Meksiko, terutama di negara bagian Jalisco.

Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi

Dihimpun dari berbagai sumber, proses pembuatan tequila dimulai dengan panen dan pemotongan daun agave biru. Kemudian, jantung agave, yang disebut piña, dipanggang dan dihancurkan untuk mengeluarkan jus agave. Jus agave ini kemudian difermentasi dan didistilasi untuk menghasilkan minuman tequila.

Ada beberapa kategori tequila yang berbeda, termasuk blanco (tanpa penuaan), reposado (penuaan singkat), añejo (penuaan lebih lama) dan extra añejo (penuaan yang sangat lama).

5 Manfaat Menakjubkan Mengonsumsi Air Kelapa Setiap Hari, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

Tequila umumnya memiliki tingkat alkohol sekitar 40 hingga 50 persen tergantung pada merek dan jenisnya. Minuman ini sering disajikan dalam bentuk koktail seperti Margarita atau dapat diminum secara langsung.

Tequila memiliki pengaruh budaya yang kuat di Meksiko dan juga populer di seluruh dunia sebagai minuman keras yang disukai. Dalam beberapa tahun terakhir, popularitas tequila meningkat secara global, dan minuman ini pun menjadi semakin diakui sebagai minuman premium yang dapat dinikmati dalam berbagai cara, baik dalam koktail maupun secara langsung.

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Tequila.

Photo :
  • Istimewa

Baru-baru ini, salah satu merk tequila Don Julio 1942 diluncurkan di Indonesia. Di bawah naungan PT Langgeng Kreasi Jayaprima (Diageo), peluncuran merek ini turut dihadiri Karina Sánchez, Global Don Julio Tequila Ambassador. Ini adalah kunjungan pertama Karina di Indonesia dan Asia sebagai rangkaian dari tur peluncuran regional di Asia Tenggara.

Peluncuran ini secara eksklusif melibatkan para mitra seperti distributor utama, outlet, dan audiens terpilih, di mana Karina Sánchez berkesempatan berbagi inspirasi dan kecintaannya terhadap tequila, terutama Don Julio 1942.

Karina sendiri merupakan master tequila dan penggerak perayaan Hari Tequila Nasional pertama di Meksiko. Dalam kesempatan tersebut, Karina juga memberikan pengetahuan kepada para pelaku industri dan konsumen mengenai keahlian khas dan karakteristik rasa Don Julio 1942.

Sebagai informasi, Karina saat ini terlibat dengan pelanggan, bartender, dan konsumen dari berbagai belahan dunia untuk memperkenalkan kisah tentang Don Julio Tequila.

“Kami sangat senang menyambut Karina Sánchez sebagai sosok yang diakui dan berpengalaman di industri ini. Tentunya, ini menjadi kesempatan yang baik untuk dapat berinteraksi secara langsung dengan Karina, membahas berbagai hal seputar keahlian, berbagi pengalaman dan pengetahuannya seputar tequila,” ujar Alefiyah Sarma, Presiden Direktur PT Langgeng Kreasi Jayaprima, dalam keterangannya, Jumat, 30 Juni 2023.

Tequila.

Photo :
  • Istimewa

Di Meksiko, tequila lebih dari sekedar minuman, ia mewakili akar yang dalam pada budaya dan memiliki peran penting dalam sejarah dan tradisi negara tersebut. Budaya seputar tequila melampaui proses produksi, tetapi mencakup ritual, perayaan dan pertemuan sosial dimana tequila memainkan peranan sentral. Tequila seringkali dikaitkan dengan perayaan, fiesta, serta acara khusus lainnya dan menjadi simbol kegembiraan, persaudaraan dan kebersamaan.

Memahami dunia tequila adalah tantangan unik di dalam industri minuman beralkohol. Selain memiliki passion, hal utama yang perlu diperhatikan dalam industri ini adalah memegang teguh nilai-nilai dasarnya. Pembuatan tequila melibatkan perpaduan khas antara seni dan sains, di mana keahlian dan pengetahuan memiliki peranan yang sama penting dengan prosesnya.

“Bagi Indonesia untuk tasting dan pairing pada sebuah minuman seperti whisky menjadi sesuatu yang sudah umum dinikmati, namun dengan tequila mungkin ini adalah yang pertama saya perkenalkan sebagai seorang Master of Tequila," ungkap Karina.

Don Julio sendiri didirikan oleh Julio González pada tahun 1942 di Jalisco, Meksiko. Ia adalah seorang petani agave yang memiliki visi untuk menciptakan tequila dengan proses produksi yang teliti untuk menghasilkan tequila berkualitas tinggi.

Don Julio González memahami bahwa untuk membuat tequila dibutuhkan bahan-bahan terbaik, karena hal inilah ia memiliki kebun agave sendiri dan hanya menanam agave biru Weber yang dipanen secara manual dan dipilih dengan teliti. Proses penyulingan tequila pun dilakukan dengan tradisi dan teknik yang telah disempurnakan selama bertahun-tahun.

Salah satu varian tequila andalan dari Don Julio adalah Don Julio 1942, sebuah minuman beralkohol dengan kandungan alkohol 40% ABV, yang menawarkan rasa dan kualitas yang berbeda dari tequila jenis lainnya. Tequila ini di suling dari 100 persen agave biru Weber, tanpa penambahan gula, untuk mempertahankan kermurnian rasa.

Setelah proses penyulingan, tequila ini dibiarkan mengendap dalam tong kayu selama dua setengah tahun, memberikan waktu yang cukup bagi tequila untuk berkembang dan mendapatkan karakteristik yang khas.

Don Julio 1942 sangat unik. Pertama dirilis pada tahun 2002 untuk merayakan 60 tahun merk Don Julio dan dianggap sebagai penghormatan terhadap pendirinya, Don Julio González, yang memulai produksi tequila kelas atas yang luar biasa, bertempat di sebuah distillery bernama "La Primavera". Desain botol Don Julio 1942 pun menjadi botol dengan desain unik pertama yang diproduksi oleh sebuah brand tequila.

Don Julio sebagai bagian dari Diageo Global, selama 80 tahun terakhir telah membangun reputasi yang solid di industri minuman beralkohol dan dikenal dengan produksi tequila berkualitas tinggi. Di Indonesia, saat ini tersedia beberapa jenis varian, termasuk Blanco, Reposado, Anejo, dan tentunya Don Julio 1942, dalam rangkaian produk Don Julio. Pelanggan dan konsumen dapat menemukan Don Julio 1942 secara eksklusif di outlet terpilih di Jakarta dan Bali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya