Jangan Salah Lagi! Ini Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder

Baking powder dan baking soda.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Kuliner – Dalam dunia baking, baking soda dan baking powder sering digunakan sebagai agen pengembang untuk menghasilkan adonan yang mengembang, lembut, dan lezat.

Sebut Pemilu Hampir Selesai, Tito Karnavian Serukan "Kita Move On"

Meskipun seringkali digunakan secara bergantian, kedua bahan ini memiliki perbedaan penting dalam komposisi dan cara kerjanya.Nah dalam artikel berikut ini, VIVA akan mengulas perbedaan antara baking soda dan baking powder serta pentingnya memahami penggunaan keduanya dalam proses pembuatan kue dan roti.

Baking soda.

Photo :
  • U-Report
Begini Cara Masak Ketupat yang Benar Biar Gak Mudah Berair dan Gampang Basi

Baking soda dan baking powder adalah dua bahan yang sering digunakan dalam proses pembuatan kue dan roti untuk menghasilkan adonan yang mengembang dan empuk. Meskipun keduanya terlihat mirip dan seringkali digunakan untuk tujuan yang serupa, mereka memiliki perbedaan penting dalam komposisi dan cara kerja.

Berikut perbedaan baking soda dan baking powder:

Moms! Masak Jauh Lebih Efisien Kalau Punya 4 Small Cooking Appliances Ini

1. Baking Soda (Natrium Bikarbonat):

Baking soda, juga dikenal sebagai natrium bikarbonat, adalah senyawa kimia yang bersifat basa (alkali). Ini adalah bahan yang sangat dasar, dan ketika terkena cairan asam, seperti cuka, jus lemon, atau yogurt, akan menghasilkan gas karbon dioksida. Gas ini adalah yang bertanggung jawab untuk mengembangkan adonan dan membuat kue menjadi lebih empuk. Baking soda hanya menghasilkan gas karbon dioksida satu kali, yaitu saat terjadi reaksi dengan cairan asam, sehingga pemanfaatannya memerlukan adanya sumber asam tambahan dalam adonan, jika tidak, rasa sodium bikarbonat akan terasa.

2. Baking Powder:

Baking powder adalah campuran dari natrium bikarbonat (baking soda) dan bahan asam, biasanya krim tartar. Ini membuatnya berbeda dari baking soda karena sudah mengandung asam di dalamnya. Sebagai hasilnya, baking powder bisa bereaksi dengan cairan asam dan menghasilkan gas karbon dioksida tanpa memerlukan adanya sumber asam tambahan. Baking powder juga sering mengandung bahan pengisi (seperti tepung jagung) yang membantu menjaga adonan tetap stabil.

Ringkasnya, baking soda adalah senyawa tunggal, yaitu natrium bikarbonat, yang memerlukan cairan asam tambahan untuk menghasilkan gas karbon dioksida. Sementara itu, baking powder adalah campuran natrium bikarbonat dengan bahan asam, yang dapat bereaksi dengan cairan asam tanpa memerlukan tambahan sumber asam dalam resep. Kedua bahan ini penting dalam dunia baking dan memastikan adonan makanan kamu mengembang dengan baik dan rasanya lezat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya