Daftar 5 Makanan Sehat untuk Sarapan di Pagi Hari

Ilustrasi telur orak arik.
Sumber :
  • Pixabay/aedrozda

Jakarta – Sarapan adalah awal yang penting untuk memulai hari dengan baik. Namun, bukan hanya soal makanan apa yang dipilih, tetapi juga tentang bagaimana sarapan tersebut bisa memberikan energi tahan lama dan menjaga tubuh tetap kenyang. Dilansir dari Healthline, berikut ini makanan dan minuman yang baik dikonsumsi saat sarapan di pagi hari. Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya. 

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

1. Telur

ilustrasi orak-arik telur

Photo :
  • Dailystar
5 Rekomendasi Makanan untuk Ibu Menyusui Agar ASI Lancar

Telur adalah pilihan sarapan sederhana dan sehat karena mengandung protein yang penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan otot, serta dapat membuat merasa kenyang lebih lama. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa sarapan dengan telur dapat membantu mengurangi rasa lapar dan mengurangi asupan kalori di waktu makan berikutnya.

Selain itu, telur mengandung lutein, zeaxanthin, choline, vitamin B, vitamin A, zat besi, kalsium, dan mineral penting lainnya. Baru-baru ini, penelitian menunjukkan bahwa telur tidak meningkatkan kadar kolesterol pada kebanyakan orang dan bahkan memiliki efek perlindungan terhadap penyakit jantung.

5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

2. Greek Yogurt 

Yogurt.

Photo :
  • Pixabay

Greek Yogurt juga menjadi salah satu pilihan cepat untuk sarapan. Yogurt ini tinggi protein dan rendah kalori. Selain itu, greek yogurt mengandung kalsium, vitamin B12, seng, kalium, dan fosfor. Beberapa jenis juga mengandung probiotik, seperti Bifidobacteria yang mendukung pencernaan.

Ilustrasi susu, gandum dan oatmeal

Photo :
  • Pixabay/ Katya_Ershova

Oatmeal mengandung serat larut yang disebut beta-glucan, yang membantu menurunkan kadar kolesterol dan gula darah. Oatmeal juga mengandung zat besi, vitamin B, mangan, magnesium, seng, dan selenium. Selain itu, oatmeal mengandung sekitar 10 gram protein per cangkir. Jadi cukup baik untuk kesehatan tubuh. 

4. Shake Protein atau Smoothie

Smoothie bowl.

Photo :
  • Freepik/Racool_studio

Shake protein atau smoothie adalah pilihan sarapan yang bagus. Campurkan air, susu, atau susu nabati dengan kacang-kacangan, pisang, buah beku, atau sayuran untuk sarapan yang lezat. Kamu juga dapat menambahkan bubuk protein untuk kandungan protein yang lebih tinggi.

5. Buah

Buah-buahan.

Photo :
  • Pixabay/romanov

Buah adalah pilihan sarapan ringan. Buah-buahan rendah kalori mengandung serat, berbagai vitamin, mineral, dan gula sederhana. Serat dalam buah membantu menjaga energi tubuh tetap stabil. Beberapa buah seperti pisang, jeruk, melon, pepaya, dan mangga kaya akan kalium. Buah-buahan juga mengandung vitamin C, yang berperan sebagai antioksidan dan mendukung kesehatan kulit.

Tidak hanya itu, buah juga mengandung berbagai senyawa polifenol dan antioksidan, tergantung pada warnanya. Makan berbagai buah dengan berbagai warna dapat membantu meningkatkan asupan antioksidan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya