4 Makanan Ini Sebaiknya Dihindari Saat Sahur

Makan sahur sehat
Sumber :
  • vstory

VIVA – Saat berpuasa, jumlah makanan yang dikonsumsi seharusnya memiliki porsi yang cukup dan tidak berlebihan akan kandungannya, yaitu dengan tetap makan makanan yang bergizi dan penuhi kebutuhan vitamin serta serat .

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Namun, saat berpuasa kadang-kadang kita ingin mengonsumsi apapun yang muncul di pikiran. Jadi, sebagian orang sering terjebak dan kalap saat sahur dengan mengonsumsi makanan yang kurang atau bahkan tidak sehat.

Sahur

Photo :
  • Milo
5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

Oleh karena itu, sangat penting untuk menahan diri dan belajar tentang makanan apa yang harus dihindari agar kesehatan tidak menjadi buruk di kemudian hari.

Tentu saja, sebagai seorang muslim yang baik, anda harus pandai memilah dan memilih apa yang anda makan. Tak hanya halal, tetapi juga thayib, yang berarti bermanfaat bagi tubuh.

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Oleh karena itu, yuk kita ketahui 5 makanan yang harus kita hindari saat sahur, dilansir dari Rumah Zakat pada Senin 11 Maret 2024 :

1. Makanan yang mengandung banyak gula

Makan sesuatu yang manis, seperti kurma atau buah-buahan lainnya disunahkan saat sahur maupun berbuka puasa. Di sisi lain, anda harus menghindari makanan olahan yang terlalu manis, seperti coklat, kue-kue.

Kelebihan gula dapat menyebabkan obesitas, kolesterol tinggi, dan hipertensi, jadi lebih baik jika manisnya berasal dari buah-buahan alami daripada gula.

2. Makanan yang mengandung banyak garam

Makanan yang mengandung banyak garam dan penyedap, seperti mi instan harus dihindari saat sahur karena dapat menyebabkan hipertensi dan membuat anda haus lebih cepat.

3. Makanan yang Terlalu Pedas

Saat sahur dan berbuka, anda boleh makan makanan pedas, asalkan tidak terlalu banyak atau terlalu pedas. Alasannya sederhana, karena dapat menyebabkan penyakit maag dan menyebabkan masalah pencernaan hingga diare.

waktu makan sahur

Photo :
  • vstory

4. Minuman dengan kafein

Saat sahur dan berbuka, hindari minum kopi atau teh yang mengandung kafein karena khawatir akan menyebabkan peningkatan asam lambung dan ketidaknyamanan perut, terutama setelah sahur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya