5 Makanan Sahur yang Sehat Agar Tetap Bugar Selama Berpuasa

Ilustrasi makanan sehat
Sumber :
  • Eat This

VIVA – Tubuh memerlukan energi yang cukup untuk menjalani aktivitas sehari-hari selama berpuasa. Akibatnya, penting bagi setiap orang untuk memperhatikan apa yang mereka makan saat sahur. Apa saran menu sahur yang sehat dan mudah disiapkan?

5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

Pada dasarnya, menu sahur sehat dapat dilihat dari gizinya. Hidangan sehat harus mengandung karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral.

Sahur

Photo :
  • Milo
5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Makan sahur saat sahur yang dilakukan oleh orang muslim sebelum fajar selama bulan Ramadhan memegang peran penting dalam menjalankan puasa karena termasuk dalam sunnah dan memberi energi yang diperlukan untuk melakukan aktivitas harian selama puasa.

Berikut makanan sehat saat sahur yang sebaiknya dikonsumsi bagi umat Muslim, dilansir dari Rumah Sakit Siloam pada Rabu, 13 Maret 2024 : 

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

1. Air  Putih

Salah satu bagian paling penting dari menu sahur yang sehat adalah air putih. Minum air putih secukupnya saat sahur dapat membantu anda menghindari dehidrasi yang dapat menyebabkan lemas dan kelelahan selama berpuasa.

2. Buah-Buahan Segar

Mengonsumsi buah-buahan segar, seperti semangka, apel, pisang, dan melon, adalah salah satu cara sahur yang sehat untuk menjaga daya tahan tubuh. Buah-buahan segar juga mengandung banyak air, yang membantu tubuh memenuhi kebutuhan cairannya selama berpuasa.

3. Makanan Penuh Protein

Karena protein dapat membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, makanan berprotein tinggi adalah pilihan yang baik untuk sahur. Susu, telur, daging ikan, daging ayam, dan daging sapi adalah beberapa makanan yang mengandung banyak protein. Untuk menghindari meningkatkan tingkat kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh, Anda disarankan untuk menghilangkan lemak yang masih menempel sebelum mengolah daging.

4. Lemak yang Baik

Tubuh membutuhkan lemak sebagai cadangan energi, jadi tidak ada salahnya untuk mengonsumsi lemak sehat secukupnya saat sahur. Beberapa makanan yang mengandung lemak sehat adalah ikan, kacang-kacangan, yogurt, minyak zaitun, dan alpukat.

makanan sehat

Photo :
  • http://gemarbacaan.blogspot.com/2015/01/makanan-yang-bisa-membuat-otak-pintar.html

5. Kacang-kacangan

Karena kaya akan serat dan protein, kacang-kacangan, seperti kacang merah dan kacang kedelai, disarankan untuk dimakan saat berpuasa. Selain itu, kacang-kacangan mengandung polifenol, yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari radikal bebas dan mengurangi risiko berbagai penyakit kronis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya