Ini Sederet Menu Berbuka Puasa yang Disarankan Dokter

dr. Rudy Kurniawan
Sumber :
  • VIVAcoid/Agus Setiawan

Jakarta – Berkolaborasi dengan Komunitas Sobat Diabet, Tropicana Slim memanfaatkan momen Ramadhan ini untuk melakukan edukasi kesehatan cara pencegahan dan penanganan diabetes selama puasa bersama dr. Rudy Kurniawan, Sp.PD, MM, MARS, DipTH, DCD, FRSPH selaku Founder Komunitas Sobat Diabet. 

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Pada acara puncak #BeatDiabetes2024 yang diselenggarakan di kawasan Jakarta Pusat, Sabtu, 23 Maret 2024, dr. Rudy Kurniawan, Sp.PD, MM, MARS, DipTH, DCD, FRSPH mengatakan bahwa ibadah puasa tidak hanya mendapatkan pahala saja namun juga memberikan manfaat positif untuk kesehatan. Agar manfaat kesehatan puasa tetap terjaga, tentu harus memperhatikan pola makan sehat.

dr. Rudy Kurniawan dan Noviana Halim, Brand Manager Tropicana Slim

Photo :
  • VIVAcoid/Agus Setiawan
5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

“Tidak hanya menuai pahala, namun ibadah puasa juga dapat memberikan manfaat positif bagi kesehatan. Namun, agar manfaat kesehatan dari puasa tetap terjaga dan semakin optimal, kita perlu memperhatikan pola makan sehat dengan memilih makanan dan minuman yang kaya nutrisi dan bervariasi untuk menu sahur dan berbuka puasa, serta tetap mempertahankan pola makan sehat ini setelah bulan puasa berakhir,” ujarnya.

Pola makan sehat ini, dokter Rudy menyarankan tidak dilakukan selama puasa ramadhan saja, namun juga setelah lebaran nanti. 

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

“Jangan sampai perbaikan kondisi kesehatan tersebut hanya bersifat sementara karena pola makan dan gaya hidup yang kembali berubah,” imbuhnya.

Noviana Halim, Brand Manager Tropicana Slim mengatakan, masyarakat Indonesia masih terbiasa dengan takjil yang tinggi kandungan gulanya. Takjil bisa tetap manis dan bernutrisi, tanpa gula yang belebihan. 

Tropicana Slim kembali hadir sebagai solusi bagi mereka yang ingin menikmati rasa manis tanpa khawatir kelebihan asupan gula melalui rangkaian produknya yang bebas gula.

dr. Rudy Kurniawan dan Noviana Halim, Brand Manager Tropicana Slim

Photo :
  • VIVAcoid/Agus Setiawan

Lebih lanjut, dr. Rudy mengungkapkan jika menu berbuka puasa disarankan untuk makan makanan ringan seperti air putih, susu, buah, hingga menu sup.

”Contoh opsi menu berbuka puasa yang disarankan, antara lain air putih, susu; buah dan sayur; menu sup dengan kacang-kacangan atau kaldu. Secara keseluruhan, juga tetap perlu mempertimbangkan porsi makan dan juga kandungan gula agar tidak berlebihan dan meningkatkan kadar gula darah secara signifikan,” pungkasnya.

Ia juga menyarankan untuk konsumsi kurma 3 sampai 5 buah. Sebab, kurma ini bisa menaikkan gula darah. Lebih lanjut, bagi penderita diabetes wajib menjaga kadar gula darah dalam kisaran normal selama berpuasa. Ini guna mencegah berbagai macam komplikasi.

“Bagi diabetesi, menjaga kadar gula darah dalam kisaran normal selama berpuasa sangat penting agar diabetesi bisa berpuasa tanpa gangguan dan untuk mencegah berbagai macam komplikasi kesehatan,” tandasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya