Dijamin Enak! 7 Menu Olahan Daging Sapi untuk Hari Raya Idul Adha

Resep Rendang Daging Khas Lebaran
Sumber :
  • Cookpad @nilasuteja_17

VIVA Kuliner – Saat Idul Adha, menu olahan sapi menjadi salah satu hidangan favorit yang identik dengan perayaan tersebut. Daging sapi yang diperoleh dari kurban ini kemudian diolah menjadi berbagai hidangan lezat yang dinikmati bersama keluarga, kerabat, dan tetangga. 

Dinner Mau Makan Apa? Resto Ini Hadirkan 128 Menu dari Nusantara, Oriental Hingga Western

Olahan daging sapi yang mudah dan bervariasi menjadi pilihan populer di kalangan umat Islam saat Idul Adha. Dengan beragam resep yang praktis, daging sapi dapat diolah menjadi hidangan lezat tanpa memerlukan banyak waktu atau keterampilan khusus. Berikut tujuh olahan daging sapi yang bisa disajikan di rumah.

1. Rendang

5 Resep Makanan Simpel dan Enak untuk Mengatasi Lapar Tengah Malam

Rendang ala Dims The Meat Guy.

Photo :
  • Istimewa

Rendang merupakan menu wajib yang ada saat Idul Adha. Dengan cita rasanya yang kaya, gurih, dan pedas, hasil perpaduan sempurna antara santan kental, rempah-rempah seperti serai, daun jeruk, lengkuas, jahe, dan bawang merah serta putih, rendang dimasak perlahan hingga semua bumbu meresap dan daging menjadi empuk.

10 Ide Bekal Simpel untuk Anak, Murah dan Bergizi!

Ada cara sederhana membuat rendang, dimulai dengan memotong daging sapi menjadi ukuran sedang, lalu tumis bumbu halus (bawang merah, bawang putih, cabai, jahe, lengkuas, dan kunyit) hingga harum. Tambahkan santan, serai, daun jeruk, daun kunyit, dan asam kandis, kemudian masukkan potongan daging. Masak dengan api kecil sambil sesekali diaduk hingga santan mengering dan bumbu meresap sempurna ke dalam daging. 

2. Gulai Sapi

Gulai sapi Padang

Photo :
  • cookpad.com

Gulai sapi memiliki cita rasa yang kaya dan kompleks, Gulai merupakan salah satu masakan Minangkabau dari Sumatera Barat. Kuahnya yang kental dibuat dari campuran rempah-rempah seperti kunyit, jahe, lengkuas, serai, daun kunyit, dan daun jeruk, serta santan yang memberikan rasa gurih. Daging sapi dimasak dengan kuah gulai hingga empuk dan meresap bumbu, menciptakan perpaduan rasa yang pedas, gurih, dan sedikit manis.

3. Dendeng

Dendeng Kuliner Nusantara

Photo :
  • vstory

Dendeng menjadi pilihan menu olahan sapi yang menarik bagi kamu yang mungkin sudah bosan dengan rendang. Dendeng dibuat dari irisan tipis daging sapi yang diasinkan dan dikeringkan, lalu digoreng hingga renyah.

Cita rasa dendeng sangat khas dengan perpaduan gurih dan manis yang berasal dari bumbu-bumbu seperti ketumbar, bawang putih, dan gula merah. Ada dua jenis dendeng yang populer di Indonesia yaitu dendeng balado yang pedas dengan sambal cabai merah, dan dendeng batokok yang disajikan dengan bumbu sambal hijau yang segar.

Teksturnya yang kering namun kenyal dan bumbunya yang meresap sempurna membuat dendeng menjadi hidangan yang nikmat dan berbeda dari olahan sapi lainnya.

4. Soto Betawi

Soto Betawi

Photo :
  • Warisan Bu Lika

Soto betawi mungkin tidak sepopuler rendang dan dendeng saat Idul Adha, tetapi soto betawi bisa menjadi opsi yang bagus untuk dinikmati bersama keluarga dan kerabat. Soto Betawi merupakan hidangan khas Jakarta yang memiliki cita rasa gurih dan kaya akan rempah.

Kuahnya yang kental dibuat dari campuran santan dan susu, memberikan tekstur lembut dan rasa creamy yang khas. Bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, jahe, serai, dan daun salam menambah aroma dan rasa yang mendalam.

Soto Betawi biasanya bukan hanya disajikan dengan potongan daging sapi, tapi juga jeroan, kentang, tomat, serta taburan bawang goreng dan daun seledri. Komponen yang banyak dalam semangkuk soto betawi menciptakan perpaduan rasa yang lezat dan menggugah selera. 

5. Tumis Oseng Sapi

Oseng-oseng Mercon

Photo :

Tumis oseng sapi adalah hidangan Indonesia yang terkenal dengan cita rasa pedas dan gurih. Daging sapi dipotong tipis dan dimasak bersama bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, cabai merah besar, cabai rawit, dan daun jeruk.

Kelezatan tumis oseng sapi terletak pada perpaduan rasa pedas yang menyengat, gurih dari rempah, dan aroma harum dari daun jeruk. Hidangan ini cocok untuk pencinta pedas dan lebih sempurna jika dinikmati bersama nasi putih yang masih hangat.

6. Sop Daging Sapi

Sop daging sapi kuah kental.

Photo :

Sop daging sapi juga menjadi hidangan yang populer saat Hari Raya Idul Adha. Kuahnya yang kaya dan gurih dibuat dari rebusan daging sapi yang empuk, disertai dengan tambahan jeroan, kentang, wortel, tomat, bawang, dan daun seledri. Bumbu-bumbu seperti lada, merica, garam, dan pala memberikan rasa yang lezat dan harum. Hidangan ini cocok untuk kamu yang suka olahan menu daging sapi dengan kuah.

7. Sate Sapi

Sate sapi pak oo

Photo :
  • www.google.com

Sate sapi adalah hidangan yang terdiri dari potongan daging sapi yang ditusuk dan dipanggang di atas arang. Cita rasanya yang khas berasal dari campuran bumbu rempah seperti ketumbar, kunyit, bawang putih, dan jahe yang digunakan untuk merendam dan mengolah daging sebelum dipanggang.

Hidangan ini umumnya disajikan dengan saus kacang atau kecap manis serta bawang goreng dan irisan tomat sebagai pelengkapnya. Meskipun proses pembuatannya cukup rumit, sate sapi dapat menjadi pilihan yang pas untuk hidangan saat Idul Adha karena cita rasanya yang dapat diterima oleh banyak orang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya