?eker Bayram?, 'Pesta Manis' Sambut Lebaran

Cokelat swiss
Sumber :
  • istockphoto

VIVAlife - Suasana Lebaran begitu kental di negara-negara mayoritas berpenduduk muslim. Dengan penampilan terbaik, mereka berbagi kebahagiaan memasuki masa 'bersih kembali' seiring berakhirnya Ramadan bersama keluarga dan kerabat.

Di Turki, mereka memiliki tradisi ?eker Bayram?. Sebuah perayaan menandai hari kemenangan yang khas dengan sajian makanan manis, kegiatan dan cerita-cerita 'manis'. Dalam pengertian mereka, ?eker Bayram? memiliki makna pesta yang manis.

?eker Bayram? berlangsung selama sekitar tiga hari. Serupa dengan perayaan Idul Fitri di Indonesia, pesta manis ini juga ditandai dengan tradisi berkunjung ke rumah keluarga tertua, kerabat, dan ziarah ke makam leluhur.

Hidangan manis yang wajib tersaji antara lain cokelat, permen, serta makanan tradisional seperti baklava. Citarasa makanan-makanan inilah yang juga memperkuat kesan manisnya tradisi perayaan Idul Fitri di Turki.

Sementara orangtua berkumpul, anak-anak kecil biasanya berkeliling ke rumah-rumah tetang untuk mengucap selamat Idul Fitri. Mereka lalu pulang dengan bingkisan berupa permen, cokelat, atau angpao. Semua serba manis alias menyenangkan!

UEA dan Indonesia Kolaborasi Kembangkan Pencak Silat dan Bulutangkis
Cawapres sekaligus Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin

Pilpres Berakhir, Cak Imin Sebut Timnas Amin Akan Dibubarkan Besok Pagi di Rumah Anies

Cak Imin menjelaskan bahwa pembubaran Timnas Amin akan dilakukan di rumah Anies Baswedan, Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024