Asupan Terbaik bagi Penyuka Olahraga Lari

Quinoa
Sumber :

VIVAlife - Seorang pelari tidak perlu mengikuti diet ketat atau diet khusus untuk berada pada kondisi tubuh yang prima. Namun, terdapat beberapa makanan yang dibutuhkan oleh seseorang yang gemar berolahraga lari.

Fungsinya sebagai bahan bakar ketika latihan, meningkatkan kinerja, dan mempercepat waktu pemulihan. Bagi Anda yang gemar melakukan olahraga lari, perbanyak konsumsi makanan ini.

1. Quinoa

Pelari membutuhkan energi berkelanjutan untuk bahan bakar saat melakukan latihan intensif atau berjalan cepat untuk jarak panjang tertentu. Karbohidrat kompleks seperti quinoa, oat, dan gandum utuh dapat diserap tubuh secara perlahan serta memberikan pasokan energi yang stabil.

Tak hanya itu, quinoa juga mengandung sejumlah protein yang dibutuhkan tubuh. Jangan lupa untuk mengonsumsi quinoa beberapa jam sebelum latihan, karena karbohidrat membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna oleh tubuh.

2. Pisang
Berlari tak akan efektif, jika Anda hanya mengonsumsi karbohidrat sederhana. Ada cara lain yang baik untuk mendapatkan energi cepat selama 15 menit atau lebih sebelum latihan.

Pilih makanan yang rendah serat dalam porsi kecil untuk mencegah gangguan pencernaan. Konsumsi camilan seperti pisang setengah buah, segenggam anggur, atau beberapa buah strawberry.

3. Ubi jalar
Selain mengandung beta karoten antioksidan yang tinggi, ubi jalar juga merupakan sumber mangan dan tembaga yang sangat baik. Keduanya merupakan nutrisi penting untuk mendapatkan fungsi otot yang sehat.

Anda dapat memasak ubi jalar dengan cara memanggangnya secara utuh, iris-iris kemudian panggang, tambahkan ke dalam sup, pure atau mengukusnya. Karena, ubi jalar juga mengandung karbohidrat kompleks yang tinggi. Konsumsi beberapa jam sebelum atau beberapa jam sesudah lari bisa menggantikan elektrolit yang hilang seperti kalium dan magnesium.

4. Kacang-kacangan

Pelari membutuhkan protein untuk membangun otot. Kacang-kacangan adalah sumber protein bebas lemak jenuh yang tinggi serta mengandung serat yang dapat menurunkan tingkat kolesterol yang berfungsi untuk menyehatkan organ hati.

Setengah cangkir kacang-kacangan mengandung sebanyak 11 gram protein dan 7 gram serat. Tambahkan pada salad, sup atau saus. Konsumsi kacang-kacangan beberapa jam sebelum atau sesudah lari.

5. Yogurt tawar

Merasa lemas setelah berlari lama atau melakukan olahraga lari yang intensif? Protein juga merupakan bahan utama penyembuhan setelah lari, dan yogurt adalah pilihan camilan yang tepat.

Mengonsumsi yogurt adalah cara cepat dan rendah kalori untuk memenuhi kebutuhan protein dalam jumlah yang banyak sekaligus (16 gram per 6 ons yoghurt) serta tidak mengandung lemak atau kolesterol. Jika Anda bukan penggemar susu, konsumsi saja telur rebus (6,3 gram) atau secangkir susu kedelai tanpa rasa (7 gram). (art)

Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode
Pemain Timnas Indonesia U-23

Bikin 2 Gol ke Gawang Korsel, Begini Kata Rafael Struick

Penyerang Timnas Indonesia U-23 Rafael Struick menilai kemenangan atas Timnas Korea Selatan U-23 adalah buah kinerja tim.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024