Memperkenalkan Diet Raw Food dan Living Food

Buah segar
Sumber :
  • dok. Corbis

VIVAlife - Pernah mendengar raw food diet? Ya, diet jenis ini sedang marak di kalangan masyarakat. Bukan hanya mereka yang ingin menurunkan berat badan yang menganut diet raw food, mereka yang ingin hidup lebih sehat juga mulai menerapkan gaya hidup ini.

"Diet raw food pada dasarnya adalah hanya mengonsumsi makanan mentah yang diolah seminim mungkin atau tidak diolah sama sekali, namun banyak orang yang terkadang mengasumsikannya dengan sushi atau sashimi," ucap Simone Samuels, seorang Raw Food Chef and Educator.

Simone yang belum lama ini ditemui VIVAlife di bilangan Kemang mengklarifikasi bahwa raw food termasuk buah, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan sprouted grain.

Selain raw food, belakangan Anda mungkin juga mendengar istilah living food. Perlu dibedakan. Living food mereferensikan gaya makan makanan alami langsung yang ditanam di tanah, tidak mengonsumsi makanan kemasan.

Raw food adalah makanan alami yang tidak melalui proses pemanasan lebih dari 118 derajat. Sedangkan living food biasanya mengambil langkah yang lebih jauh. "Living food mengandung banyak serat dan tinggi akan enzim alami, contohnya kacang-kacangan dan biji-bijian yang telah tumbuh."

Sebagian besar sebenarnya sama dengan raw food. Namun, gaya hidup living food memiliki tujuan lebih spesifik dengan memastikan semua kacang-kacangan dan biji-bijian telah tumbuh atau berkecambah sebelum dikonsumsi. Ini untuk memastikan sumber makanan itu telah memuat nutrisi optimal.

"Raw food dan living food memiliki banyak pilihan sehingga Anda tidak perlu khawatir Anda akan merasa bosan saat menganut gaya hidup sehat ini," ujar pria asal Australia tersebut yang saat itu sedang mengajar kelas membuat raw food di Pantry Magic.

Berikut beberapa pilihan raw food dari Simone:

- Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah makanan pengganti yang sangat baik untuk produk dairy dan daging. Dengan merendamnya terlebih dahulu, akan membuatnya menjadi lebih mudah dicerna. Dapat pula dicampur dengan makanan lain untuk membuat berbagai macam saus yang creamy, sup, dressing, cheezcake, es krim, rich dessert. Bahkan, nut milk dan nut milkshake.

- Buah-buahan dan sayur-sayuran sebenarnya memiliki rasa yang lebih berat dan menarik, bahkan taste buds Anda dapat menjadi lebih hidup dan perasa.

- Grains dan pseudo-grains contohnya quinoa, millet, flax seeds, buckwheat dapat di-ground menjadi bubuk atau di-sprout untuk membuat pizza, roti, biskuit, bahkan calzone. Anda juga dapat menambahkan raw marinara dan cheezy sauce di atasnya. (eh)

Asal-usul Pelat Dinas TNI Palsu Fortuner Pengemudi Arogan yang Ngaku Adik Jenderal
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan

Erdogan: Selama Masih Hidup, Saya Akan Terus Bela Perjuangan Palestina

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan menegaskan bahwa perjuangan Palestina memberi makna baru pada hidupnya.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024