Empat Alternatif Topping Pizza yang Lebih Sehat

Pizza Zull
Sumber :
  • VIVAnews - Harriska Farida Adiati

VIVAlife - Bicara mengenai pizza, Anda pasti sudah membayangkan sederet topping khas seperti daging asap, sosis, keju dan masih banyak lagi. Bagi Anda yang gemar masak dan membuat pizza, pastinya wajib memperhatikan topping apa saja yang Anda gunakan karena topping pizza pada umumnya tidak menyehatkan.

Dengan menggantikan beberapa bahan-bahan berlemak yang lazim digunakan sebagai topping pizza dengan bahan-bahan yang jauh lebih sehat, Anda akan tetap mendapatkan rasa lezat. Dan yang terpenting tidak menambah kalori dan kolesterol. Untuk itu, simak empat tips meggantikan topping pizza yang biasa dengan bahan-bahan lain yang lebih sehat, seperti dikutip dari Fitsugar:

Kreasikan dengan protein
Sosis, pepperoni dan daging giling bukanlah satu-satunya cara untuk menambahkan protein pada pizza buatan Anda. Coba kreasikan pilihan Anda. Telur dapat menjadi pilihan berkalori rendah yang juga mengandung banyak nutrisi.

Jangan Asal Pilih Lensa Kontak, Bisa Sebabkan 5 Masalah Serius Ini

Selain itu Anda dapat mencoba mengkreasikan topping pizza menggunakan tahu, atau bahkan tempe yang diiris tipis-tipis. Anda juga dapat mencoba menambahkan kacang-kacangan yang juga kaya akan protein. Tambahkan sedikit daging ayam atau kalkun yang juga mengandung cukup protein.

Perbanyak sayuran
Siapa bilang sayuran tidak dapat menciptakan varian rasa yang menggugah selera? Coba gunakan squash, arugula, tomat, terong atau sayuran lainnya. Sayuran yang sebelumnya Anda marinate akan menciptakan rasa yang berbeda serta menambah rasa baru tanpa menambah kalori.

Dengan memakai sayuran sebagai topping pizza, maka Anda juga akan terasa lebih kenyang karena mengkonsumsi ekstra serat. Hal ini akan membuat Anda terhindar dari rasa lapar yang akhirnya akan menyebabkan keinginan untuk mengemil di malam hari.

Jangan gunakan keju
Siapa tak menyukai keju? Rasanya yang lezat dan teksturnya yang menggugah selera memang membuat keju menjadi salah satu topping pizza favorit banyak orang. Namun tentu saja keju mengandung kolesterol tinggi.

Jasad Wanita Open BO yang Dibunuh Hanyut Dibuang di Kali Bekasi Hingga ke Pulau Pari

Dengan menggantikan keju maka Anda terhindar dari ratusan kalori dan rasa sesal keesokan harinya. Gantikan keju dengan saus tomat yang rendah kalori atau jika Anda benar-benar tidak dapat menggantikan keju maka pilih jenis keju yang rendah kalori seperti goat cheese misalnya.

Ganti daging
Terdapat beberapa cara agar Anda tetap dapat mendapatkan rasa yang hampir sama dengan rasa daging. Gunakan caper yang hanya mengandung 20 kalori namun memiliki rasa dan tekstur yang mirip dengan sosis.

Selain itu Anda juga dapat menggunakan terong dan jamur sebagai topping untuk pilihan bahan yang rendah kalori serta kata serat juga memiliki tekstur yang hampir sama dengan daging. (ren)

Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Butuh 6,7 Juta Ton Beras per Tahun
PKS sambangi PKB malam ini

Usai Nasdem, Presiden PKS Ahmad Syaikhu Sambangi Cak Imin di Markas PKB

Elite Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tiba di kantor DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada Kamis 25 April 2024 malam

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024