Mengolah Salmon Agar Nutrisi Terjaga

Salmon pengurang rasa sakit.
Sumber :

VIVAlife - Salmon merupakan salah satu jenis seafood yang populer di seluruh dunia. Tak hanya lezat, ikan yang hidup di laut dalam ini kaya omega 3, protein, dan asam amino. Juga sejumlah nutrisi penting lainnya seperti vitamin A, D, B12, iodine, zat besi, selenium, serta lemak baik.

Masyarakat mungkin mengenali salmon lewat menu-menu populer di sejumlah restoran Jepang seperti sushi dan sashimi. Selain Jepang, sajian salmon berkualitas hasil olahan koki-koki profesional itu umumnya impor dari Norwegia.

"Salmon Norwegia memiliki kualitas tinggi. Hal ini karena salmon tumbuh perlahan dan dibutuhkan 2,5 tahun untuk salmon berkembang menjadi ukuran besar," ucap Christian Chramer, Regional Director Norwegian Seafood Council South East Asia di acara Master Class di Shangri-La Hotel, Jakarta.

Geir Skeie, seorang chef asal Norwegia yang hadir di acara itu, mendemonstrasikan beberapa cara tepat dan sederhana mengolah salmon serta beberapa jenis seafood Norwegia agar menjadi hidangan bercita rasa tinggi.

"Salmon merupakan salah satu jenis seafood yang sudah memiliki rasa dan kesegaran alami untuk mengangkat cita rasa makanan. Karenanya, tak perlu mengolahnya terlalu rumit dan sulit," ucap chef yang meraih juara dunia di kompetisi bergengsi Bocuse d’Or 2009 dan Bocuse d’Or 2008.

Bagi Anda penggemar salmon, chef yang didaulat menjadi duta Norwegian Seafood itu membagi tips memilih, menyimpan, dan mengolah salmon segar agar nutrisi terjaga.

- Pilih salmon yang matanya cerah, hampir terlihat masih hidup. Kulit atau sisiknya pun berkilau. Pilih pula salmon yang beraroma laut, bukannya amis. Lihat insangnya. Pastikan masih basah yang menandakan salmon masih segar.

- Selalu simpan salmon di temperatur rendah atau sedingin mungkin agar tetap terjaga kesegarannya. Suhu dingin juga akan mencegah proses pembusukan terlalu dini.

- Untuk mempertahankan kesegaran dan cita rasa alaminya, cukup mengolah salmon dengan pan-fried atau dipanggang. Jangan memberi terlalu banyak bumbu. Namun, Anda dapat menambahkan sedikit rempah-rempah untuk memberikan aroma yang kuat dan wangi.

- Daging salmon cepat sekali matang dan berubah warna. Oleh karena itu, agar tidak overcooked, selalu masak salmon di atas api sedang. (art)

Alasan Nurul Ghufron Gugat Dewas KPK ke PTUN dan MA
Pj Gubernur Sumut, Hassanudin menerima audiensi Nasional Paralympic Comitee of Indonesia, di Kantor Gubernur Sumut.(dok Pemprov Sumut)

Siap Laksanakan Peparnas 2024, Pj Gubernur Sumut: Kita Senang Jadi Tuan Rumah

Siap Laksanakan Peparnas 2024, Pj Gubernur Sumut : Kita Senang Jadi Tuan Rumah

img_title
VIVA.co.id
4 Mei 2024