Ini Dia Cara Tepat Seduh Kopi Tubruk

Kopi
Sumber :
  • greatcoffeeideas.wordpress.com

VIVAlife - Minum secangkir kopi setiap pagi atau saat udara dingin tampaknya sudah jadi kebiasaan yang jamak dilakukan. Nah, bagi Anda pecinta kopi tubruk tak ada salahnya mengetahui cara membuat kopi yang benar.

Membuat kopi tubruk ternyata tak serta merta hanya memasukan kopi, kemudian gula, lalu ditambahkan dengan air panas saja. Ketika Anda membuat secangkir minuman berwarna hitam ini, ada beberapa cara yang benar-benar harus diperhatikan.

Billy, seorang Barista Trainer dari kedai kopi di kawasan Jakarta Selatan, memberitahu langkah yang tepat dalam membuat kopi berikut ini:

Tahap Pertama

Jurus Turunkan Berat Badan Pakai Protein

Billy menganjurkan agar memilih kopi yang baru saja digiling. "Kopi yang baru digiling dari biji kopi menjadi bubuk kopi (tubruk) cenderung lebih segar dalam aroma dan rasa," kata Billy.

Tahap Kedua

Setelah memilih jenis kopi favorit, Anda juga harus mengetahui komposisi kopi yang tepat. Menurut Billy, takaran bubuk kopi dalam satu cangkir adalah 12 gram atau sekitar dua sendok teh (rata tidak menggunung).

Tahap Ketiga

Misteri 'Bak Mandi Tuhan' Berusia 7.000 Tahun

Pada tahap inilah kesalahpahaman banyak dilakukan para pecinta kopi. Ketika akan menyeduh kopi, sebaiknya Anda tidak menggunakan air panas mendidih. Billy menyarankan suhu air yang digunakan tak lebih dari 80 derajat celsius (sama dengan memasak air hingga panas tanpa memunculkan gelembung air).

Hal ini dikarenakan air panas dengan suhu lebih dari 80 derajat celsius dapat mempengaruhi kualitas atau karakteristik kopi.

Tahap Keempat

Campurkan bubuk kopi yang sebelumnya telah disediakan dalam cangkir dengan air 200 ml air panas. Diamkan sekitar dua menit tanpa diaduk. Cara ini sengaja dilakukan agar kopi dapat terekstrak dengan baik, demi mencapai kualitas rasa.

Tahap Kelima

Bayi Ini Lahir Beserta Kantung Ketuban yang Utuh

Untuk mengetahui rasa kopi, Anda harus menambahkan gula. Disinilah waktu yang tepat memasukkan gula (sesuai selera) ke dalam cangkir yang berisi kopi. Terakhir, aduk hingga merata.

Bra

Cup Bra Terlalu Besar Picu Gangguan Kesehatan

Bra yang tidak pas dapat berpengaruh pada postur dan organ internal.

img_title
VIVA.co.id
7 Juni 2013