Mengenal Ragam Teh Hijau

teh hijau
Sumber :

VIVAlife - Cuaca dingin seperti saat ini memang paling pas minum teh hijau hangat. Bukan hanya membuat tubuh jadi lebih fit tapi juga bisa menenangkan pikiran.

Jurus Turunkan Berat Badan Pakai Protein

Bagi Anda penggemar teh hijau, tahukah dari mana asal minuman lezat berkhasiat ini? Teh hijau berasal dari China, dan telah digunakan selama bertahun-tahun sebagai pengobatan untuk membantu mengontrol perdarahan, menyembuhkan luka, dan meningkatkan pencernaan.

Kebanyakan teh, termasuk teh hijau, putih, hitam, dan teh oolong, semuanya dipanen dari tanaman yang sama, yaitu Camellia sinensis. Perbedaan pada proses pengolahan mereka menghasilkan berbagai jenis teh.

Daun teh yang dipakai untuk membuat teh hijau merupakan daun kering tetapi tidak difermentasi, sehingga memberikan cita rasa grassy yang segar. Namun, teh hijau sendiri terbagi menjadi beberapa jenis. Untuk lebih mengenalnya, berikut ini varietas teh hijau yang populer.

Sencha
Minuman ini berasal dari daun teh utuh yang dikukus, kemudian dipanggang di sencha, sehingga rasanya sangat halus, segar, dan bersih. Di Jepang, seperti dilansir dari Yum Sugar, teh hijau jenis ini biasanya dinikmati baik sebagai minuman panas dan dingin.

Gunpowder
Teh hijau yang berasal dari China ini diberi nama gunpowder karena daun teh digulung dan yang mengkilap menyerupai bubuk mesiu. Metode ini berguna untuk mencegah daun agar tidak rusak serta untuk mempertahankan cita rasa. Jenis teh hijau ini memiliki rasa berasap dan agak pedas.

Matcha
Sebelum menjadi matcha, daun teh hijau digiling sampai halus, sehingga menjadi bubuk berwarna hijau terang. Matcha banyak digunakan dalam upacara tradisional minum teh di Jepang, serta sebagai salah satu bahan tambahan yang dapat meningkatkan cita rasa dan digunakan pula sebagai pewarna makanan seperti mochi.

Genmaicha
Teh hijau jenis ini sebenarnya dibuat dari campuran daun teh hijau dan beras merah yang dipanggang

Dragonwell
Berasal dari wilayah Hangzhou, China, sangat terkenal di berbagai negara di dunia. Teh hijau dari Hangzhou biasanya di-panfried alias ditumis sebagai bagaian dari proses pengolahan untuk mencegah fermentasi dari pembusukan alami.

Jasmine green tea
Jenis teh ini sebenarnya merupakan kombinasi teh hijau dan bunga melati. Ini adalah kombinasi rasa yang umum, dan teh yang dihasilkan memiliki sentuhan cita rasa bunga, sehingga aromanya hampir seperti parfum.

Bra

Cup Bra Terlalu Besar Picu Gangguan Kesehatan

Bra yang tidak pas dapat berpengaruh pada postur dan organ internal.

img_title
VIVA.co.id
7 Juni 2013