Cara Tepat Bersihkan Rumah Pasca Banjir

Banjir Kiriman Rendam Rumah Warga di Cililitan
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAlife - Banjir merupakan salah satu hal peristiwa yang tak diharapkan semua orang. Banyak kerugian yang diterima, mulai harta benda hingga ancaman kesehatan.

Pertama Kali, Ukraina Tembak Jatuh Pesawat Pengebom Rusia

Ketika hal ini terjadi, tak sedikit pemukiman yang teredam banjir harus membersihkan sisa-sisa lumpur dan sampah. Membersihkan rumah menjadi proses panjang dan keras yang harus dilalui para korban banjir.

Lantas, bagaimana cara terbaik membersihkan rumah pasca terkena banjir? Seperti dilansir floodsafety, berikut cara tepat membersihkan rumah pasca banjir.

1. Gunakan air bersih

Relawan Prabowo Batal Gelar Aksi, Polisi Berlakukan Pengalihan Arus Situasional Depan MK

Saat genangan air dalam volume yang besar memenuhi rumah Anda, lumpur pun ikut masuk. Oleh karena itu sediakan selang panjang untuk menyapu lumpur keluar dari rumah Anda.

2. Gunakan disinfektan

Secara kasat mata, rumah memang telah bersih dari lumpur. Namun, di balik itu, masih banyak kuman bersarang di lantai, dinding, atau sela-sela perabotan rumah tangga. Oleh karena itu, bersihkan tiap permukaan dengan cara menggosok menggunakan 1/4 cangkir klorin yang dicampurkan dengan satu galon air.

Untuk peralatan dapur, baik yang terbuat dari kaca, porselen, atau plastik bisa direndam selama 10 menit dengan menggunakan dua sendok makan klorin yang dicampur dengan satu galon air panas. Sedangkan untuk peralatan logam, perak, panci, dan wajan cukup direbus selama 10 menit.

3. Keringkan barang lembab

Perkembangan Terbaru Pengobatan TBC Resisten Obat, Bikin Cepat Sembuh dengan Obat Ini!

Memang tak semua barang-barang saat banjir terendam air, namun dipastikan barang-barang tersebut lembab. Barang seperti pakaian, handuk, selimut sering terkontaminasi bakteri. Untuk itu, cobalah mencuci pakaian dengan air panas kemudian jemur hingga kering.

Untuk karpet, segera cuci dengan menggunkan larutan disinfektan sebanyak dua sendok makan. Kemudian keringkan karpet secara dengan cara menggantungkannya.

4. Singkirkan jamur

Umumnya jamur akan terlihat pada dinding-dinding rumah Anda. Ini disebabkan karena saat banjir dinding terendam oleh air yang tercemar. Oleh karena itu, segera bersihkan dengan kain basah atau spon yang telah diberi cairan pembunuh kuman atau jamur. (sj)

Pakar hukum tata negara Refly Harun.

Puji MK Persilakan Pemohon Serahkan Kesimpulan Sengketa Pilpres, Refly: Luar Biasa

Menurut Refly Harun, biasanya soal sidang sengketa pilpres itu tak diberikan kesimpuan. Tapi, berbeda dengan sidang kali ini.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024