Tetap Sehat dengan Konsumsi Daging Merah

Daging merah
Sumber :
VIVAlife
Cup Bra Terlalu Besar Picu Gangguan Kesehatan
- Bosan dengan daging ayam atau ikan yang sering Anda konsumsi sehari-hari? Mungkin sudah saatnya Anda mencoba sajian daging lainnya, seperti daging merah. Walaupun daging merah dapat mengandung kolesterol dan lemak jenuh yang lebih tinggi dari ayam, ikan atau kalkun, bukan berarti harus mencoretnya dari daftar menu diet harian Anda.

Jurus Turunkan Berat Badan Pakai Protein

Memang, tidak semua daging merah menawarkan manfaat nutrisi yang sama. Untuk itu, Anda perlu mengetahui daging merah apa saja yang dapat menjadi pilihan variasi hidangan Anda serta jenis potongan manakah yang paling sehat. Situs
Misteri 'Bak Mandi Tuhan' Berusia 7.000 Tahun
Fitsugar memberikan beberapa alternatif daging merah yang bisa Anda konsumsi. Ini pilihannya:


Bison
:


Mengonsumsi daging bison adalah suatu hal yang umum bagi masyarakat Amerika. Yang mengejutkan adalah daging bison ternyata lebih sehat dibanding daging sapi dan kambing, karena memiliki jumlah kalori, lemak, serta kolesterol yang hampir sama dengan daging dada ayam tanpa kulit. Daging bison juga merupakan sumber protein dan zat besi yang tinggi. Cita rasa daging ini mirip daging sapi, namun sedikit lebih manis dan kaya rasa.


Sapi
:


Potongan daging sapi per porsi idealnya seberat 3,5 ons dan mengandung maksimal 4,5 gram lemak jenuh dan 95 miligram kolesterol. Potongan-potongan daging sapi terbagi menjadi 29 bagian. Namun, potongan terempuk dan terlezat adalah
loin, round,
serta
sirloin.
Ketika memilih daging sapi, sebaiknya Anda mencari potongan yang memiliki lemak paling sedikit. Dengan begitu, Anda akan lebih banyak mendapatkan nutrisi yang terkandung di dalam dagingnya.


Sapi muda:


Daging sapi muda mengandung kolesterol sedikit lebih tinggi dari daging sapi. Karena, usia sapi yang muda, dagingnya memiliki tekstur yang sangat empuk. Potongan daging sapi muda yang paling lezat antara lain
sirloin, rib chop
, dan
top round
. Satu potong sirloin sapi muda mengandung maksimal 150 kalori. Hindari potongan daging berlemak dan daging di daerah payudara.


Kambing:


Banyak orang yang menghindari daging kambing dengan alasan kesehatan, yaitu takut terkena penyakit asam lemak, darah tinggi, kolesterol, dan sebagainya. Namun, hal tersebut salah, karena olahan daging kambing sering dimasak dengan santan seperti gulai, tongseng, atau sup kambing. Padahal, sebenarnya daging kambing memiliki kandungan protein yang sama dengan daging sapi dan ayam. Seporsi daging sapi seberat tiga ons memiliki lima hingga enam lemak dan sekitar 155 kalori. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya