VIDEO: Menikmati Gurihnya Cumi Pasir Emas

Cumi pasir emas
Cumi pasir emas
Sumber :
  • Topik ANTV

VIVAlife - Sebagai makanan laut, cumi memang menjadi salah satu yang difavoritkan pecinta kuliner. Teksturnya yang menyerupai karet dan kesegarannya membuat para penggemar makanan laut dibuat ketagihan. Cumi biasanya dimasak menjadi cumi bakar, cumi isi, cumi goreng tepung, cumi saus padang atau cumi saus tiram.

Namun di Jawa Tengah, terdapat sajian cumi yang lain daripada yang lain. Dinamakan Cumi Pasir Emas, sajian ini merupakan menu andalah sebuah warung makan di Jalan Dr Wahidin di kota Pati. Tenang saja, cumi tidak disajikan dengan pasir sungguhan melainkan dengan saus kuning telur asin yang saat matang memang memiliki tekstur berpasir.

Cara pembuatannya cukup sederhana, yakni diawali dengan memotong cumi hingga berbentuk bulat. Setelah itu celupkan potongan cumi ke dalam kuning telur. Selanjutnya, cumi dibalur tepung berulang kali hingga menggumpal lalu digoreng dengan cara deep-fried hingga renyah dan berwarna cokelat keemasan.

Setelah matang, cumi goreng disiram saus yang terbuat dari campuran kuning telur asin, irisan cabai rawit merah, daun kucai, bawang putih dan garam yang telah ditumis dengan margarin.

Lihat videonya di tautan ini.

"Ini adalah menu yang beda dan unik. Dengan kita tambahkan telur asin, rasanya jadi berbeda," ucap Deny AP, pemilik Warung Makan Suka-suka saat diwawancarai oleh Topik Siang ANTV.

Keunikan menu tersebut juga diakui Deny membuatnya selalu diserbu pelanggan. Dalam sehari, warung makan miliknya menjual ratusan porsi cumi pasir emas. Selain cumi, warung yang terletak di utara kota Pati ini juga menyajikan ayam pasir emas yang proses memasaknya tidak jauh berbeda. (umi)