PPKI 2013, Membingkai Persaingan dalam Kreativitas

Pekan Kreatif Indonesia
Sumber :
  • http://dansapar.com

VIVAlife - Geliat sektor industri kreatif makin terlihat. Bangkitnya perfilman Indonesia misalnya, bisa menjadi salah satu indikator. Pertumbuhan yang meroket itu, membuat pemerintah terus menunjukkan dukungan di sektor industri kreatif.

Rafael Struick Absen Bela Timnas Indonesia di Semifinal Piala Asia U-23

Salah satunya dengan kembali menggelar Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI). Tahun ini, PPKI akan diselenggarakan 27 November sampai 1 Desember 2013 di Epiwalk, Kuningan, Jakarta Selatan. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, 14 institusi kementerian, dan 2 institusi terkait, mendukung acara itu.

Tema yang diusung masih sama seperti tahun lalu, yakni Indonesian Creative Power (ICP). Namun, kali ini lebih menonjolkan daya saing untuk kualitas hidup bangsa Indonesia. Secara khusus, tagline PPKI tahun ini adalah: “Yang Kreatif, Yang Berdaya Saing”.

Mobil Harvey Moeis Disita Lagi, 2 Ferrari dan 1 Mercy

Dalam konferensi pers di Gedung Sapta Pesona, Senin, 25 November 2013, Noviendi Makalam, Humas PPKI, menerangkan, acara itu akan memberi ruang begitu besar bagi para pelaku kreatif untuk berbagi wawasan pada masyarakat luas. Diharapkan, itu bisa menelurkan ide kreatif baru.

Beberapa komunitas kreatif akan saling bertemu, berkolaborasi, serta membangun jejaring. Nantinya, masyarakat akan diberi kebebasan mengekspresikan karya-karya kreatif mereka. Serangkaian acara juga digelar untuk menambah gegap gempita pekan kreatif itu.

Ibunda Salshabilla Adriani Bantah Soal Rumor Perselingkuhan Anaknya dengan Rizky Nazar

“Antara lain pameran, konvensi, seni pertunjukan, dan aneka lomba yang diharapkan dapat membuka wawasan dan menambah pengetahuan mengenai ekonomi kreatif,” ujar Noviendi yang juga Director of Center for Public Communication Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Noviendi menggarisbawahi, seluruh kegiatan itu dapat diakses secara gratis oleh seluruh masyarakat. Diperkirakan, akan ada seribu orang kreatif dalam acara itu. Targetnya, akan hadir 85 ribu pengunjung, 300 peserta pameran produk, 100 orang pembicara untuk aneka konvensi, serta 100 grup pertunjukan.

Dennis Adhiswara, aktor yang juga wirausahawan muda di bidang multimedia optimistis, acara PPKI 2013 akan diikuti banyak generasi muda. “Yang perlu kita berikan adalah ilmu, panggung, dan kesempatan,” ujarnya menyebutkan.

Membludaknya keterlibatan pemuda dalam acara itu, diharapkan makin membangkitkan gairah industri kreatif di Indonesia. Generasi muda dan masyarakat luas makin paham soal potensi dan industri kreatif itu sendiri.

Mari Elka Pangestu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, berharap banyak kalangan yang mengambil sisi positif dan memanfaatkan PPKI 2013. “Kami berharap akan muncul lebih banyak lagi orang kreatif yang mampu bersaing dan mengangkat karya Indonesia di pasar global,” ucapnya. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya