Lumpuh Total, Een Sukaesih Mengajar Anak-anak Tanpa Bayaran

ilustrasi inspirasi
Sumber :
  • google

VIVAlife - Saat hidup terbatasi oleh kesusahan, umumnya orang akan pasrah. Mereka memilih menyerah pada nasib, atau justru marah pada keadaan. Namun, 89 wanita ini berbeda. Mereka mengubah ketidakberdayaan menjadi sebuah perjuangan.
 
Tak heran, mereka diberi penganugerahan wanita inspiratif Indonesia dalam acara Tupperware SheCAN!. Ke-89 wanita itu bagaikan kemilau inspirasi di tanah Indonesia. Mereka berhasil mencerahkan, mendidik, dan memberdayakan diri, keluarga, serta lingkungan.
 
Wanita-wanita itu, layak disejajarkan dengan sang pejuang emansipasi, RA Kartini, atau Laksamana Laut Keumalahayati. Mereka telah menorehkan bukti bahwa wanita pun mampu berbuat sesuatu yang menginspirasi.
 
Salah satu yang cukup menonjol, adalah Een Sukaesih. Warga Cimalaka, Sumedang itu sudah 27 tahun terbaring di tempat tidur karena lumpuh total. Wanita berjilbab itu menderita penyakit Rheumathoid Artitis sejak 1982. Namun, ia tak lantas putus asa.
 
Yang dilakukannya, sungguh menakjubkan. Een tetap mengajar, menggulirkan ilmu pada anak-anak di sekitar tempat tinggalnya. Setiap hari, silih berganti anak-anak datang ke rumahnya. Sambil berbaring, lulusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan IKIP Bandung itu tetap mengajar.

Ganjar Tak Datang saat Penetapan Prabowo-Gibran sebagai Capres-Cawapres Terpilih

Muridnya kini berjumlah puluhan. Menariknya, Een melakukan semua dengan ikhlas. Ia tak memungut bayaran sepeser pun. Meski begitu, ia tetap bersemangat. Inspirasi itu pun mengundang berbagai penghargaan menghampirinya.
 
Salah satunya, Tupperware SheCAN! Award yang dilangsungkan di Hotel Pullman, Central Park, malam tadi ini merupakan tahun ketiga acara serupa digelar. Setiap tahun, penghargaan itu menampilkan kilau inspiratif dari wanita yang berbeda-beda.
 
Diharapkan, penghargaan dan donasi yang diberikan mampu mendorong perjuangan wanita-wanita hebat terpilih, agar makin menginspirasi sekitarnya. Nining juga berharap, semakin banyak wanita Indonesia yang dapat mencerahkan, mengedukasi, serta memberdaya diri dan lingkungan. (umi)

Chandrika Chika.

5 Kontroversi Chandrika Chika, dari Hubungannya dengan Thariq Halilintar hingga Tersandung Narkoba

Chandrika Chika, tak henti-hentinya menggemparkan publik dengan berbagai kontroversi dan saat Chika resmi ditetapkan sebagai tersangka dalam dugaan kasus narkoba

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024