Studi: Rumah Berpindah Pengaruhi Emosi Anak

Ilustrasi ibu dan anak
Sumber :
  • iStock
VIVAlife -
Survei di Atas 50 Persen, Elite Golkar Dorong Ridwan Kamil Maju Pilgub Jabar Ketimbang Jakarta
Pekerjaan mengharuskan Anda untuk pindah rumah lebih dari sekali? Sebaiknya, pertimbangkan lagi jika Anda memiliki anak di bawah usia lima tahun. Karena sebuah penelitian di Cornell University, Amerika Serikat, menemukan bahwa anak yang pindah rumah lebih dari tiga kali sebelum usia sekolah, berisiko mengalami gangguan konsentrasi, kecemasan dan hiperaktif.

Hubungannya Diduga Retak karena Orang Ketiga, Begini Kata Syifa Hadju Soal Perselingkuhan

Penelitian ini melibatkan tiga ribu keluarga di kota-kota besar Amerika Serikat, dengan anak yang lahir antara tahun 1998 dan 2000. Tujuannya mengungkap bahwa anak yang pindah rumah satu atau dua kali lebih cenderung memiliki masalah dalam kesehariannya. Dampak negatif ini terutama menonjol pada keluarga dengan tingkat pendapatan rendah.
Yandri Klaim Seluruh DPW dan DPD PAN Ingin Zulhas Kembali Ketua Umum


Penelitian sebelumnya juga menunjukkan bahwa orang yang pindah rumah sebanyak tiga kali di masa kecil mereka, dua kali lebih mungkin menggunakan obat-obatan terlarang di usia 18 tahun. Psikolog anak dan keluarga Dr Sandra Wheatley, mengatakan ketika anak mengalami banyak gangguan di kehidupan awalnya, mereka bisa tumbuh dengan perasaan cemas dan tidak aman.


"Dengan sering pindah rumah, anak bisa berpikir mengapa orang tua mereka sering berpindah tempat dan kemungkinan adakah hubungan yang buruk antara orang tuanya dengan orang lain atau ada upaya melarikan diri dari masalah," papar Dr Whaeatley seperti dilansir
Telegraph.

Secara kontras, anak-anak yang keluarganya menetap, cenderung bisa ulet dan mengatasi masalah dengan baik.


Penelitian yang dilakukan sejak 2010 itu juga menemukan bahwa semakin sering orang pindah rumah di masa kanak-kanak, makin besar juga kemungkinan mereka melaporkan kepuasan hidup yang lebih rendah, terlepas dari usia, jenis kelamin, dan pendidikan.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya